Cara Bertaubat kepada Allah, Tak ada Kata Terlambat

Cara Bertaubat kepada Allah, Tak ada Kata Terlambat


Cara bertaubat kepada Allah  - Tidak ada kata terlambat untuk melakukan taubat meminta ampun kepada Allah SWT Tuhan Semesta Alam. Allah SWT adalah Tuhan Maha Pengampun lagi Maha Penyayang, Az-Zumar (39:53) 

Bagi manusia yag hendak melakukan taubat, ayat di atas tentunya menginformasikan kepada kita bahwa tidak peduli seberapa besar dosa manusia, namun bila ditebus dengan taubat yang tulus dan sungguh-sungguh, maka Allah SWT akan mengampuninya.

Baca juga : 


Cara Bertaubat kepada Allah yang harus Anda Lakukan


Ada kondisi dimana taubat menjadi tulus dan ikhlas. Inilah cara bertaubat kepada Allah.  
  1. Yang pertama, orang yang bertaubat mampu menahan diri dari perbuatan dosa.
  2. Kedua, orang tersebut merasa menyesal yang dalam dan tulus karena telah melakukan dosa
  3. Ketiga, ia telah memutuskan bahwa tidak akan melakukan perbuatan dosa kembali
Apabila salah satu syarat ini tidak terpenuhi, maka cara bertaubat kepada Allah yang demikian tidak sah. Adapun jika maksiat itu berkaitan dengan hak manusia maka taubat itu diterima dengan empat syarat. Yakni ketiga syarat di muka, dan yang keempat hendaknya ia menyelesaikan hak yang bersangkutan.
  • Jika berupa harta atau sejenisnya maka ia harus mengembalikannya.
  • Jika berupa had (hukuman) atas tuduhan atau sejenisnya maka hendaknya had itu ditunaikan atau ia meminta maaf darinya.
  • Jika berupa ghibah (menggunjing) maka ia harus memohon maaf.
Salah satu cara bertaubat kepada Allah adakah wajib meminta ampun kepada Allah dari dosa. Jika ia bertaubat akan dosa, maka taubat itu diterima di sisi Allah, dan dosa-dosanya yang lain masih tetap ada. Banyak sekali dalil-dalil dari Al-Qur'an, Sunnah dan Ijma' yang menunjukkan wajibnya melakukan taubat. Dalil-dalil yang dimaksud telah kita uraikan di muka. Allah menyeru kita untuk bertaubat dan ber-istighfar, Ia menjanjikan untuk mengampuni dan menerima taubat kita, merahmati kita manakala kita bertaubat kepada-Nya serta mengampuni dosa-dosa kita, dan sungguh Allah tidak mengingkari janji-Nya, asalkan manusia mampu melakukan cara bertaubat kepada Allah dengan benar.

Dalam surat Al-Furqan Ayat 25:70 juga dijelaskan bahwa Allah SWT akan mengubah orang-orang yang jahat menjadi orang yang beriman, asalkan ia bertaubat, percaya kepada Allah SWT dan beramal saleh. karena Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Kemurahan dan kebesaran Allah SWT sangatlah mulia. Allah SWT tidak hanya mengampuni pertaubatan yang spesifik, tetapi ia akan mengampuni seluruh dosa yang telah Hamba-nya lakukan. 


Adapun cara bertaubat kepada Allah yang lainnya, yaitu dengan melakukan ibadah salat lima waktu. 

Selain itu, dengan selalu melakukan perbuatan baik, karena perbuatan baik dapat menghilangkan perbuatan jahat. Hal tersebut juga tercantum di dalam surat Hud ayat 11:114

Baca juga : 

Namun demikian, beberapa Ulama memiliki pandangan lain bahwa taubat hanya dilakukan untuk dosa besar. sehingga membutuhkan pertaubatan yang khusus.
“Syafaat adalah bagi mereka yang melakukan dosa besar dari kalangan umatku.” (At-Tirmidzi)
Semoga cara bertaubat kepada Allah yang telah kita lakukan dengan sepenuh hati dapat diterima oleh-NyaYa Allah, terimalah taubat kami, sesungguhnya Engkau Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang. Semoga shalawat dan salam senantiasa dilimpahkan kepada Nabi Muhammad, keluarga dan para sahabatnya. Amin.


Baca juga Artikel Menarik Lainnya : 




Share this

Sebuah perusahaan yang bergerak di Bidang Pelatihan dan Bisnis Consultasi yang berada di Kota Gudeg Yogyakarta. Sebagai Perusahaan yang dinamis Bioenergi Center selalu memberikan solusi yang spektakuler yang penuh dengan inovatif, kreatif dan unik. Bioenergi International yang telah berkembang di 11 negara seperti Singapore dan Malaysia telah di sambut dengan antusias oleh masyarakat di negara tersebut, karena telah terbukti memberikan berbagai manfaat untuk meningkatkan kualitas hidup dan membantu memberikan solusi dari berbagai masalah yang mereka hadapi.

Related Posts

Previous
Next Post »