Tips Puasa untuk Orang Maag di Bulan Ramadhan

Tips Puasa untuk Orang Maag


Tips puasa untuk orang maag - Berpuasa sejak terbitnya fajar hingga matahari terbenam memang menguji iman, terutama bagi umat muslim saat bulan Ramadhan. Apalagi bagi mereka yang jarang menjalankan ibadah puasa selain di bulan Ramadhan, tentu hari-hari sungguh terasa berat. Tapi jika kita memiliki niat dan keyakinan yang teguh, insyaallah semua akan dimudahkan. 

Aktivitas untuk menahan makan, minum dan hawa nafsu duniawi ini membutuhkan stamina tubuh yang baik. Menjaga stamina tubuh bisa dilakukan dengan berolah raga, berpikir positif atau bisa juga dengan mengkonsumsi makanan sehat (mengandung zat gizi). Jika cuek dengan hal ini, tak menutup kemungkinan Anda akan merasakan tubuh yang kurang fit, lemas, pusing, asam lambung naik, mual atau beragam penyakit lainnya. 



Tips Puasa untuk Orang Maag, Anda Harus Tahu

Nah, untuk mengantisipasi datangnya penyakit saat bulan Ramadhan, Anda dan keluarga jangan sampai salah pilih makanan. Tips puasa untuk orang maag hendaknya diketahui dengan benar, makanan apa yang baik dikonsumsi dan yang harus dihindari agar ibadah puasa Anda tetap aman dan nyaman. Info dari berbagai referensi juga bisa Anda pelajari dan aplikasikan untuk membuat puasa Anda lebih istimewa. 

Baca juga : 


Jangan sembarangan memilih menu untuk makan sahur ataupun buka puasa. Sebaiknya Anda memahami makanan apa yang wajib dikonsumsi dan yang harus dihindari agar ibadah puasa Anda berjalan lancar. Apalagi bagi penderita asam lambung, Anda harus lebih berhati-hati saat berpuasa. 

Berikut ini adalah tips puasa untuk orang maag, makanan dan minuman yang sebaiknya Anda hindari : 


1. Tips puasa untuk orang maag : Hindari Makanan Pedas

Jangan sekali-kali berbuka puasa dengan makanan pedas karena lambung Anda seharian tak terisi makanan sama sekali. Lambat laun ini bisa merusak dinding lambung dan menimbulkan penyakit yang lebih kronis. Sebaiknya Anda berbuka atau sahur dengan makanan yang manis atau gurih untuk agar lambung nyaman. 

2. Tips puasa untuk orang maag  : Hindari Minuman Kafein

Kopi dan teh adalah contoh minuman berkafein yang sebenarnya tidak dianjurkan sebagai minuman untuk buka puasa atau sahur bagi penderita maag. Harus dipahami bahwa lambung kita tidak terisi lebih dari 14 jam selama berpuasa yang menyebabkan asam lambung meningkat. Nah, jika tiba-tiba Anda minum kopi atau teh, tentu lambung langsung bereaksi dan Anda akan merasa mual. 

Baca juga : 


3. Tips puasa untuk orang maag : Hindari Gorengan 

Saat berpuasa, penderita maag biasanya memiliki lambung yang lebih sensitif daripada hari-hari biasanya. Sedangkan gorengan sendiri adalah makanan yang penuh dengan minyak, dimana ini dapat memicu meningkatnya asam lambung secara cepat. Akibatnya, maag Anda kumat dan justru dapat menganggu aktivitas. Oleh karenanya, berhati-hatilah saat pilih makanan selama Ramadhan. 

4. Tips puasa untuk orang maag  : Hindari Coklat dan Keju

Anda penggemar makanan yang ditaburi keju atau diolesi coklat? Sebaiknya lebih berhati-hati, sementara jangan dijadikan menu buka puasa atau sahur karena kedua jenis makanan enak ini ternyata sulit dicerna di dalam tubuh. Akibatnya, lambung akan sangat lambat mencerna bahkan menimbulkan kembung. Jadi, disarankan Anda bisa mengkonsumsi makanan yang lebih aman untuk lambung, seperti roti gandum, agar puasa Anda tak terganggu. 

Tips puasa untuk orang maag kuncinya hanya satu, atur pola makan. 

Hindari makanan dengan rasa mencolok yang hanya membuat lidah dan perut Anda tak nyaman. Jika ingin menu ringan, Anda bisa konsumsi makanan yang kaya serat dan karbohidrat saat sahur karena jenis makanan ini dapat membantu melepaskan energi secara perlahan selama kita berpuasa. Gandum, oat, kacang-kacangan, ikan, kacang hijau, buah-buahan, dan berbagais ayuran adalah contoh makanan yang kaya karbohidrat dan protein. Silakan dicoba di rumah :) 


Baca juga artikel menarik lainnya: