Puasa dan Kesehatan, Berikut Penyakit yang Bisa Menyerang saat Puasa

Puasa dan Kesehatan, Berikut Penyakit yang Bisa Menyerang saat Puasa


Puasa dan kesehatan - banyak orang mengatakan bahwa ibadah puasa itu menyehatkan. Iya, memang sehat karena secara otomatis puasa bisa dimanfaatkan sebagai detoksifikasi dan terapi bagi tubuh. Namun jika kita tak bisa menyeimbangkan tubuh saat berpuasa, masalah lain akan datang, diantaranya berbagai serangan penyakit yang tak seperti biasanya. 

Lebih dari 12 jam saat berpuasa, tubuh tidak menerima asupan makanan dan minuman sama sekali, walaupun dilanda rasa haus maupun lapar. Agar tubuh tak mudah lemah, hendaknya kita dapat mengondisikan tubuh agar tetap terkontrol karena puasa dan kesehatan memang erat kaitannya. Salah satu solusi agar tubuh tetap fit adalah menjaga kadar gula dalam tubuh. 

Oleh karena itu, sangat disarankan pada saat berbuka puasa, Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori agar bisa mengembalikan energi. Tubuh yang fit tentu dapat melakukan aktivitas yang produktif untuk keesokan harinya. Nah, jika tubuh kurang nutrisi,apalagi menu buka puasa atau sahurnya tak sehat, seringkali akan datang gangguan-gangguan yang justru membuat tidak nyaman. 

Puasa dan Kesehatan, 2 Hal yang Tak Boleh Terpisah

Untuk mempersiapkan puasa yang sehat, hal terpenting yang harus diperhatikan adalah mengatur menu saat sahur dan berbuka, karena di saat itulah tubuh akan mendapatkan asupan untuk mencukupi kebutuhan kalorinya. Walau terjadi perubahan jadwal makan, bukan berarti kebutuhan kalori juga harus berubah. 

Baca juga : 

Apakah Anda tetap ingin melancarkan puasa dan kesehatan tetap terjaga? Saat berpuasa, gangguan-gangguan kesehatan seperti ini mungkin akan Anda alami. Bagaimana mengatasinya? Berikut informasinya : 

1. Gangguan Pencernaan
Tahukah Anda bahwa tak semua makanan itu aman sebagai hidangan buka puasa? Bagi Anda yang sedang menjalani puasa diharapkan untuk membatasi konsumsi makanan berminyak (termasuk goreng-gorengan), pedas, berlemak atau yang diolah dari bahan telur, kacang-kacangan atau kubis. Hindari juga jus serta berbagai minuman soda karena hanya akan menimbulkan gas. 

2. Gula Darah Menurun
Saat berpuasa, beberapa orang mungkin akan merasakan gejala pusing, lemah, mudah berkeringat dan mudah lelah. Semua ini dikarenakan gula darah Anda rendah. Ini sangat bisa dimaklumi karena tubuh pada saat itu menghasilkan banyak insulin dan membuat glukosa dalam darah menurun. Solusinya, jika Anda ingin tetap puasa dan kesehatan terjaga, Anda bisa mengurangi makanan yang manis-manis agar gula darah terkontrol dengan baik. 

3. Sembelit 
Kadang puasa juga menyebabkan sembelit atau susah buang air besar karena ada perubahan pola makan, baik dalam hal waktu maupun bahan makanan yang diolah yang kurang mengandung serat serta kurangnya minum air. Sembelit sendiri bisa menyebabkan penyakit lainnya juga, seperti kembung, ambeien serta gangguan pencernaan lainnya. Jika Anda yang sedang puasa dan kesehatan terganggu seperti ini, silahkan mengkonsumsi makanan berserat, yang mengandung karbohidrat serta minum banyak air putih dalam porsi cukup saat sahur.


Baca juga : 


4. Tekanan Darah Rendah
Mungkin diantara Anda sempat merasakan bahwa di sore hari saat puasa, tubuh Anda terasa lebih berat, lemas, pusing (saat kepala menengadah, saat berdiri usai duduk/ ongkok dsb). Ini tanda bahwa Anda menderita tekanan darah rendah. Nah, tips bagi Anda yang juga mengalami ini agar tetap kuat berpuasa dan kesehatan tak terganggu adalah meningkatkan porsi minum air serta tambahkan sedikit garam di malam hari. Jangan lupa istirahat setelah beraktivitas agar energi Anda pulih kembali. 

5. Batu Ginjal 
Sekalipun kasus ini tak banyak dialami oleh mereka yang berpuasa, kecuali jika mereka sudah punya riwayat terkena ginjal sebelum berpuasa. Untuk mencegahnya, silahkan Anda mengantisipasi  dengan memperbanyak minum air putih mulai dar berbuka hingga sahur. 

Bagaimana Cara Melancarkan Puasa dan Kesehatan Tak terganggu?

Bergaya hidup sehat adalah cara untuk membuat Anda dan keluarga memiliki stamina baik saat menjalankan ibadah ini. Lancar melakukan ibadah puasa dan kesehatan tetap terjaga adalah prestasi tersendiri yang membuat setiap orang yang menjalankan ibadah ini merasa bangga. 

Hal penting yang harus diperhatikan selama berpuasa, adalah konsumsi makanan sehat (buah dan sayur), kurangi makanan berlemak serta minum banyak air putih agar Anda memiliki energi yang cukup saat berpuasa. Dan jangan lupa, hindari berpikir negatif selama puasa agar hari-hari Anda di bulan suci selalu dihiasi dengan kebahagiaan dan ketenteraman. 

Baca juga artikel menarik lainnya :