Menu Sehat Vegetarian saat Bulan Puasa

Menu Sehat Vegetarian saat Bulan Puasa

Menu sehat vegetarian - apakah Anda atau orang-orang di sekitar Anda saat ini ada yang vegetarian? Nah, vegetarian sendiri sering dipahami sebagai individu yang kesehariannya sama sekali tak mengkonsumsi daging. Saat ditanya mengapa melakukan ini? Rata-rata mereka menjawab untuk meningkatkan kesehatan tubuh. 

Faktanya ada banyak manfaat bagi mereka yang sehari-harinya hanya mengkonsumsi sayur dan buah ini. Mereka memiliki tubuh yang lebih ringan, jantung yang sehat, kolesterol terjaga serta terhindar dari berbagai macam penyakit seperti kanker prostat, tekanan darah tinggi, diabetes melitus dsb. Nah, mungkin bagi para vegetarian, menjalankan pola makan seperti ini tentu sudah sangat biasa dan tak berat untuk dilakukan. Bagaimana jika mereka tetap menjaga pola makan sehat ini selama bulan Ramadhan? Adakah menu sehat vegetarian khusus bulan puasa? 

Menu Sehat Vegetarian harus Mengandung Nutrisi

Para vegetarian ternyata bisa mengatur pola makan, khususnya dengan menu sehat vegetarian yang istimewa. Walaupun tak mengonsumsi daging, mereka tetap bisa sehat dan bugar lho selama berpuasa. Saat berpuasa, sebaiknya para vegetarian menjaga energi tubuhnya dengan mengkonsumsi menu sehat vegetarian yang mengandung beberapa zat gizi berikut untuk dikonsumsi mulai berbuka puasa hingga sahur kembali : 

Baca juga : 

1. Kalsium
Kalsium sangat bermanfaat untuk menguatkan tulang dan gigi. Bagi para vegetarian, sumber kalsium dapat diperoleh dari bahan alami seperti beras, tahu dan tempe, atau minuman oat yang telah difortifikasi, biji wijen, kacang-kacangan, roti dengan tambahan kalsium, serta buah-buahan kering seperti kismis. Nah, bahan makanan berkalsium ternyata sangat cocok ya untuk mengolah menu sehat vegetarian.

2. Besi 
Zat besi pada tubuh bermanfaat sebagai bahan untuk memproduksi sel darah merah. Para vegetarian tentu bisa berlega hati karena bahan untuk membuat menu sehat vegetarian  yang mengandung zat besi ini sangat mudah ditemui, diantaranya tepung, biji-bijian dan roti yang terbuat dari gandum utuh, sereal yang diperkaya dengan zat besi, serta sayur-mayur seperti bayam, kacang-kacangan dan brokoli. 

3. Vitamin B12 
Agar sistem saraf dan darah tetap sehat, Anda harus mengonsumsi menu sehat vegetarian yang terbuat dari bahan makanan yang mengandung vitamin B12. Namun para vegetarian agak kesulitan untuk mendapatkannya karena kebanyakan berasal dari produk hewani. Berarti tak ada sama sekali makanan nabati yang mengandung vitamin B12? Tentu saja ada. Anda bisa konsumsi jamur, sereal atau minuman kedelai yang sudah difortifikasi dengan vitamin B12. 

4. Vitamin D 
zat gizi yang dibutuhkan untuk menyerap kalsium ini sangat mudah didapatkan oleh vegetarian lho, diantaranya adalah dari sinar matahari. Sumber vitamin D lainnya juga bisa didapat dari sereal dan minuman kedelai yang sudah dilengkapi vitamin D. Selain itu, konsumsi suplemen vitamin D bisa menjadi pilihan lain. Minum susu kedelai seminggu sekali adalah suatu keharusan untuk seorang vegetarian agar tubuh tetap kuat dan sehat.

Baca juga : 

5. Seng (Zinc)
Di dalam tubuh, Seng berperan aktif dalam proses pembelahan sel, selain membantu pembentukan protein. Untuk membuat menu sehat vegetarian, Anda bisa mengolahnya dengan bahan makanan dari biji-bijian utuh, produk kedelai maupun kacang-kacangan. Nah, mudah kan untuk melengkapi nutrisi Anda sebagai seorang vegetarian? 

6. Asam lemak omega-3 
Nutrisi ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, diantaranya jantung. Bagi para vegetarian tentu ingin mendapatkan asam lemak omega-3 dari bahan nabati. Nah, ini bukan hal yang sulit karena Anda akan mendapatkan nutrisi ini dari kacang kedelai, minyak kedelai ataupun minyak kanola. Suplemen tambahan juga bisa Anda konsumsi jika ini dirasa belum cukup. Dengan demikian, kolesterol tetap terjaga dan tubuh selalu energik dengan menu sehat vegetarian  yang mengandung asam lemak omega-3

Menu Sehat Vegetarian untuk Stamina Kuat

Demikianlah nutrisi yang baik untuk mengolah menu sehat vegetarian bagi para vegetarian saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Diharapkan vegetarian dapat mengonsumsi makanan yang mengandung protein untuk menjaga stamina, baik saat sahur ataupun buka puasa. Nasi merah, bekatul, roti gandum atau kentang adalah contoh makanan berprotein yang membuat tubuh tidak cepat lapar dan tetap bugar. Jangan lupa juga, konsumsi sayur dan buah untuk memenuhi kebutuhan serat di tubuh. Semoga puasa Anda dilancarkan ya :) 


Baca juga artikel menarik lainnya :