Temukan Impian di Balik Tembok Ketakutan


BioenergicenterNEWS.com Anda memiliki ketakutan terhadap sesuatu? Pasti ada, kita semua demikian. Meskipun begitu ketakutan saya dengan anda belum tentu sama. Kita semua memiliki ketakutan masing-masing. Tapi, tahukah anda bahwa terkadang ketakutan anda hanya merupakan naluri dan tidak berdasarkan akal sehat? Ketakutan biasanya disebabkan oleh perubahan keadaan yang tidak biasa anda alami. Kehidupan dan aktifitas sehari-hari yang anda lakukan telah membuat anda merasa nyaman dengan kegiatan yang anda lakukan karena anda telah terbiasa dengan itu. Tetapi begitu anda dihadapkan dengan keadaan dimana anda harus berubah terhadap keseharian anda, maka secara alami dan naluri anda akan merasakan ketakutan.

Mengapa? Ketakutan anda terjadi karena ketidaktahuan anda dengan apa yang akan terjadi dalam kondisi yang baru ini. Sehingga pikiran anda mulai membentuk sendiri kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi. Karena ketakutan telah meliputi anda, maka otomatis semua kemungkinan2 ini pun biasanya kemungkinan negatif. Jika anda sudah memiliki pikiran yang negatif, maka biasanya anda akan memilih untuk lari dari kemungkinan itu. Saya akan memberikan suatu contoh cerita yang ada di dalam buku “One Small Step Can Change Your Life”, karangan Robert Maurer, Ph.D. mengenai contoh ketakutan. Begini ceritanya……..
Ada seorang pemabuk terlihat seperti sedang berlutut di bawah lampu kota. Seorang polisi menghampirinya dan bertanya
Polisi : “Apa yang sedang kau lakukan di sini?”
Pemabuk : “ Saya sedang mencari kunci yang terjatuh”
Polisi : “Memangnya terjatuh di sebelah mana?”
Pemabuk : “Di sebelah sana (menunjuk ke pojok ujung gang yang gelap)”
Polisi :”Kalau terjatuh di sebelah sana, mengapa kau mencarinya di sini?”
Pemabuk : “Karena di sini lebih terang.”

Apakah anda mengerti makna cerita di atas? Mungkin anda menganggap pemabuk ni bodoh, tetapi apakah anda sadar bahwa seringkali tindakan kita seperti ini. Ketika kehidupan terasa susah dan menyeramkan, seringkali kita lebih memilih mencari solusi di tempat yang mudah atau setidaknya lebih familiar bagi kita, dan bukan di tempat yang gelap dan tidak menyenangkan dimana mungkin saja solusi terbaik anda berada. Padahal mungkin anda sadar bahwa apa yang anda lakukan sekarang sebenarnya tidak mungkin memberikan apa yang anda inginkan, tetapi anda lebih memilih untuk menyerah kepada ketakutan.

Ada banyak sekali quote tentang ketakutan, salah satunya dari James F. Bymes yang berkata “Too many people are thinking of security instead of opportunity. They seem to be more afraid of life than death.” Seperti yang dibilang oleh James, banyak orang yg lebih takut akan kehidupan daripada kematian. Buktinya, banyak sekali orang yang lebih memilih untuk tidak melakukan perubahan sama sekali padahal mereka tahu apa yang mereka lakukan sekarang akan membawa mereka menuju keterpurukan (seperti kematian) dan jauh dari harapan dan impian (kehidupan). Jane Addams juga berkata “Our doubts are traitor and make us lose the good we often might win, by fearing to attempt.” Kita seringkali kehilangan peluang karena ketakutan kita untuk mencoba.

Anda harus melakukan perubahan yang lebih baik untuk sukses. Dan perubahan itu menimbulkan ketakutan. Tidak ada jaminan bahwa anda akan sukses walupun anda telah berhasil mengatasi rasa takut anda dan berusaha untuk selalu lebih baik. Anda mungkin saja gagal dan tidak sukses. Tetapi sudah pasti dijamin bahwa anda akan gagal jika anda tidak berusaha untuk keluar dari ketakutan anda dan berubahl. Karena anda terus melakukan hal yang sama yang anda tau sendiri tindakan anda sekarang tidak akan mengantarkan anda menuju tujuan anda dan hanya orang gila yang mengharapkan hasil berbeda dari tindakan yang sama.

Tips : Ketakutan itu normal sekali bagi kita semua. Tapi janganlah anda terjebak dengan ketakutan anda. Marie Curie berkata “Nothing in life is to be feared. It is only to be understood.” Jadi atasi rasa takut anda dan hadapilah. Ingat tujuan anda menanti anda dibalik tembok ketakutan yang menghalangi. Ingat selalu quote yang diucapkan oleh Marylin Ferguson, “Ultimately we know deeply that the other side of every fear is a freedom.” . Jadi prinsip sukses kali ini adalah atasi rasa takut anda dan terus maju capailah impian anda.

prinsipsukses.com

Saatnya Memulai Hidup Sehat


BioenergicenterNEWS.com Berapa sering ketika anda ingin tidur pada malam hari, berjanji bahwa anda akan pergi olahraga pada pagi harinya, dan kemudian berubah pikiran delapan jam kemudian karena ketika anda bangun, anda tidak merasa ingin untuk berolahraga?

Ini semua dapat terjadi pada kita semua, tapi bukan berarti anda harus menyerah ketika berkaitan dengan menjaga kesehatan anda. Apa yang harus anda sadari adalah selalu aktif dan pola makan yang benar sangat penting bagi kesehatan jangka panjang anda. Dan satu cara pencegahan sebanding dengan sepuluh cara penyembuhan. Semakin anda tahu tentang bagaimana tubuh anda bereaksi dengan gaya hidup pilihan anda, semakin baik anda dapat menentukan nutrisi dan rencana latihan yang tepat untuk anda. Ketika anda makan banyak, tingkatkan level aktifitas fisik anda, dan olahraga dengan intensitas yang sesuai, anda memberitahu tubuh anda bahwa anda ingin membakar sejumlah kalori. Ini menjadikan pembakaran kalori menjadi energi. Dengan kata lain, pola makan yang teratur ditambah olahraga sama dengan metabolisme yang cepat, dimana hal ini akan memberikan anda energi lebih sepanjang hari dan memungkinkan anda untuk melakukan lebih banyak aktifitas kerja dengan usaha yang lebih sedikit.

Tujuan utama dari olahraga adalah untuk mengirimkan pesan berulang-ulang pada tubuh meminta peningkatan metabolisme, kekuatan, dan kesehatan. Setiap anda berolahraga, tubuh anda merespons dengan meningkatkan kapabilitas anda untuk membakar lemak sepanjang siang dan malam. Olahraga tidak harus berat agar berguna untuk anda, tetapi harus konsisten.
Berikut contoh program olahraga yang mungkin cocok untuk anda:
• Pemanasan – lakukan aktifitas aerobic ringan selama tujuh hingga delapan menit untuk meningkatkan jalan darah anda dan melumasi dan memanaskan urat dan otot anda.
• Latihan Daya tahan – latih semua otot-otot utama. Satu hingga dua set untuk setiap latihan. Istirahat 45 detik setiap set.
• Latihan aerobic – pilih dua aktifitas favorit, bisa lari, mendayung, bersepeda, apapun yang sesuai dengan gaya hidup anda. Lakukan selama 12 hingga 15 menit untuk aktifitas pertama dan lanjutkan dengan 10 menit untuk aktifitas kedua. Lakukan penyegaran ketika memasuki lima menit terakhir.
• Peregangan – Akhiri latihan anda dengan peregangan, bernafas yang dalam, relaksasi dan meditasi.

Ketika memulai program latihan, penting untuk memiliki harapan yang realistis. Tergantung dari level olahraga anda bermula, anda dapat mengharapkan perubahan ini.
• 1 hingga 8 minggu – Merasa lebih baik dan memiliki energi lebih
• 2 hingga 6 bulan – Hilang berat badan. Anda mendapatkan otot dan menghilangkan lemak.
• Setelah 6 bulan – Mulai hilang berat badan secara konstan

Setelah anda membuat komitmen untuk melakukan olahraga beberapa kali dalam seminggu, jangan berhenti di sana. Anda juga harus merubah kebiasaan diet dan pola makan anda. Menghitung kalori atau mengkalkulasi jumlah gram dan persentase untuk nutrisi tertentu tidak dapat dipraktekkan. Saya menyarankan petunjuk yang mudah untuk diikuti ini:
• Makan beberapa makanan kecil (optimalnya 4) dan beberapa snack kecil sepanjang hari
• Pastikan setiap makanan anda seimbang – paling mudahnya ikuti 4 sehat 5 sempurna.
• Minum minimal 8 gelas sehari.
• Saya juga merekomendasikan agar anda mengkonsumsi multi vitamin setiap hari untuk memastikan bahwa anda mendapatkan semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Akhir kata, Nikmati hidup, kita semua berhak mendapatkannya.
Tips : Pola makan yang teratur dan olahraga yang seimbang sangat menentukan kesehatan anda. Jadi mulailah atur pola makan anda dan lakukan olahraga secara teratur.

prinsipsukses.com

Penyebab Mengapa Kebanyakan Orang Gagal

BioenergicenterNEWS.com Kebanyakan orang merasa tidak memiliki kontrol atas hidup mereka, yang menyebabkan mereka menjadi orang yang mudah marah,  sering takut,  sering mengeluh, selalu merasa gagal, bahkan mencari pelarian ke minuman keras ataupun obat-obatan terlarang. Ketika keadaan buruk menimpa hidup mereka, selalu saja mencari alasan dan menyalahkan orang lain atau hal lain, yang pasti apapun selain dirinya.

Ini memang merupakan jalan keluar yang paling mudah dilakukan karena kita jadi merasa tidak perlu bertanggung jawab, dan tidak perlu merasa gagal tetapi permasalahannya ini tidak akan mengantarkan kita ke mana-mana, dan malah semakin terpuruk di belakang.

Jika kamu tidak bergerak maju, maka berarti kamu bergerak mundur. Tidak ada yang namanya diam di tempat. Kebanyakan orang hanya menunggu dan terus menunggu. Menunggu waktu yang tepat, menunggu kesempatan yang tepat, menunggu orang yang tepat, intinya selalu menunggu keajaiban yang akan mengubah hidup mereka. Dan biasanya keajaiban ini tidak akan pernah datang.

Kalau kamu termasuk orang yang seperti ini, kamu harus sadar bahwa sebenarnya kamu itu terus bergerak mundur, dan jika kamu terus bergerak mundur, kegagalan dan keterpurukanlah yang menunggu kamu di sana.
Jika kamu ingin maju, kamu harus mulai memegang kendali akan hidup kamu. Dalam kontrol kamu, hidup kamu bisa diarahkan menuju hidup yang kamu inginkan. Kamu memang tidak bisa mengontrol semua hal yang terjadi pada hidup kamu, tapi setidaknya kamu bisa mengontrol bagaimana kamu merespon hal tersebut.

Pegang kendali hidup kamu sekarang dengan melakukan lima langkah ini:
Analisa
Lihat, dengar, dan sadari segala sesuatu, kondisi atau keadaan yang mempengaruhi hidup kamu baik itu baik maupun buruk.
Bertanggung jawab
Rasakan tanggung jawab atas semua kondisi tersebut. Berusaha menahan diri jika kamu mulai menyalahkan sesuatu atau seseorang.
Menerima sesuatu yang diluar kendali
Banyak hal yang diluar kendali kita, termasuk di sini orang lain. Tenangkan pikiran dan bereaksilah yang sesuai atas hal tersebut.
Selalu positif
Ambil nilai positif dari setiap hal. Fokus pada apa yang bisa dilakukan untuk menjadikan hal tersebut lebih baik.
Bertindak
Saatnya melakukan tindakan untuk mengendalikan keadaan.

Saatnya kamu memegang kendali penuh atas hidup kamu, jangan hanya menyerah dan membiarkan orang lain ataupun keadaan mengontrol hidup kamu. Ini HIDUP kamu. Kamulah kapten kapal kehidupan kamu. Mungkin akan ada banyak badai kehidupan yang menghalangi laju kapal kamu, tapi jika kamu yakin bahwa kamu dapat melakukan sesuatu untuk mengendalikan kapal kamu melewati badai tersebut, saya yakin suatu saat kapal kamu akan sampai ke tempat yang kamu inginkan – IMPIAN kamu.

prinsipsukses.com