Menu Buka Puasa Sehat, Inilah 7 Manfaat Kurma

Menu Buka Puasa Sehat, Inilah 7 Manfaat Kurma


Menu buka puasa sehat - bulan puasa selalu identik dengan kurma, menu kecil berwarna coklat dengan rasa manis yang menggigit. Nah, banyak masyarakat yang hobi menyetok buah kurma ini di rumah sebagai camilan saat berbuka puasa. Rasanya bulan ramadhan tak seru tanpa kurma di rumah. hehehe....

Nah, di zaman dahulu kala, si kecil ini ternyata dijadikan sebagai bahan makanan pokok. Ini karena buah kurma memiliki banyak nutrisi penting seperti karbohidrat, lemak, protein, air, vitamin C dan mangan. 100 gram buah kurma segar mengandung energi sebanyak 230kcal. Mengapa kurma dinobatkan sebagai menu buka puasa sehat? Karena ia membuat perut nyaman dan tidak terkejut setelah sekian jam berpuasa serta dapat menerima makanan buka puasa dengan lebih nyaman.

Menu Buka Puasa Sehat? Yuk Konsumsi Kurma

Ternyata tanpa kita sadari ada banyak manfaat kurma lho bagi tubuh saat berpuasa. Mau tahu apa saja? Berikut informasinya : 

1. Mudah dicerna oleh perut
Saat berpuasa, perut kosong selama beberapa jam dan metabolisme tubuh berjalan lebih lambat dari biasanya. Perut akan membutuhkan waktu beradapatasi untuk menerima makanan kembali setelah berbuka. Buah ini disebut sebagai menu buka puasa sehat karena tak membuat perut kaget saat memakannya. 

Baca juga : 

2. Menyiapkan perut menerima makanan lain
Berhati-hatilah, langsung berbuka dengan makanan berat bisa memicu masalah pencernaan seperti sakit maag, perut melilit, atau diare. Anda pun akan mudah merasa mengantuk dan malas beraktifitas. Sebagai menu buka puasa sehat, kurma membantu menyiapkan perut untuk menerima makanan lain. Selain mudah dicerna, kurma akan mengaktifkan pelepasan enzim dan cairan pencernaan dalam perut. Tubuh juga jadi lebih berenergi dan siap untuk menjalankan fungsinya.

3. Mencegah makan berlebih
Kurma kaya akan serat pangan sehingga membuat perut merasa cepat kenyang. Karbohidratnya juga tinggi karena kandungan gula alaminya, yakni glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Gula dalam kurma termasuk karbohidrat kompleks yang dicerna tubuh secara bertahap sehingga dapat mengendalikan nafsu makan dan mencegah Anda untuk “balas dendam” atau makan berlebihan setelah seharian berpuasa.

4. Menyediakan energi secara cepat
Sering merasa lemas atau pusing saat berpuasa? Hal ini bisa disebabkan oleh rendahnya kadar gula saat perut kosong dan beristirahat selama beberapa jam. Untuk menormalkan kadar gula darah dan mengembalikan energi, orang seringkali berbuka dengan minuman atau makanan manis. Nah, kurma bisa menjadi alternatif sebagai menu buka puasa sehat untuk keluarga. Gula alaminya dapat segera ditransfer ke liver dan diubah menjadi energi lebih cepat dari nutrisi lainnya. 

5. Menyehatkan sistem pencernaan
Perubahan jam makan dan kurangnya asupan serat selama berpuasa dapat menyebabkan berbagai masalah pencernaan. Konsumsi beberapa kurma secara teratur saat berbuka dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda. Serat pangannya melancarkan pencernaan dan membersihkan usus dari racun serta zat berbahaya lainnya. Sifat lakasatifnya mencegah sembelit yang sering terjadi saat berpuasa. 

6. Menormalkan keasaman darah
Kadar keasaman darah seringkali meningkat saat tubuh membakar cadangan lemak sebagai sumber energi utama saat berpuasa. Konsumsi daging dan karbohidrat berlebih yang sering terjadi saat berbuka puasa dapat semakin meningkatkan keasaman darah yang pada akhirnya menyebabkan penyakit herediter seperti diabetes, encok, infeksi saluran kencing, tekanan darah tinggi, dan hemoroid. Sebagai salah satu menu buka puasa sehat, kurma dapat membantu mengatasinya karena mengandung garam alkalin yang dapat menormalkan keasaman darah.

Baca juga : 

7. Mencukupi kebutuhan nutrisi
Kurma mengandung berbagai vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang bermanfaat untuk kesehatan. Konsumsi kurma disertai dengan pola makan sehat lainnya akan membantu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama berpuasa. Pilih kurma segar untuk mendapatkan hasil terbaik.

Menu Buka Puasa Sehat ini Sangat Mudah Didapatkan

Nah, terbukti kan bahwa kurma memang sebagai menu buka puasa sehat saat menjalankan ibadah puasa. Berbuka puasa dengan kurma bukanlah sekedar tradisi masyarakat Timur Tengah. Nabi Muhammad SAW pun merekomendasikan dan sering memakan kurma lembek atau basah untuk membatalkan puasanya sebelum melakukan shalat magrib. Dimana belinya? Anda bisa temukan kurma di pasar, toko kuliner, warung-warung kelontong atau di supermarket besar. Menjelang ramadhan hingga Idul Fitri biasanya toko memiliki stok banyak. 

Semoga puasa Anda dilancarkan dan mendapat berkah ramadhan yang tak terhingga. 


Baca juga artikel menarik lainnya: 



Share this

Sebuah perusahaan yang bergerak di Bidang Pelatihan dan Bisnis Consultasi yang berada di Kota Gudeg Yogyakarta. Sebagai Perusahaan yang dinamis Bioenergi Center selalu memberikan solusi yang spektakuler yang penuh dengan inovatif, kreatif dan unik. Bioenergi International yang telah berkembang di 11 negara seperti Singapore dan Malaysia telah di sambut dengan antusias oleh masyarakat di negara tersebut, karena telah terbukti memberikan berbagai manfaat untuk meningkatkan kualitas hidup dan membantu memberikan solusi dari berbagai masalah yang mereka hadapi.

Related Posts

Previous
Next Post »