Kemuliaan Bulan Ramadhan, Jauhkan dari Maksiat

kemuliaan Bulan Ramadhan, Jauhkan dari Maksiat


Kemuliaan bulan ramadhan - Bulan Ramadhan memang selalu istimewa karena pintu pengampunan dosa sungguh terbuka lebar bagi mereka yang menjalankannya dengan ikhlas. Banyak suka duka yang ditemui pastinya. Bisa dikatakan suka saat mengingat betapa tinggi kemuliaan bulan ramadhan, selalu istimewa dan betapa membahagiakan saat menyambut hari raya Idul Fitri. Namun ada juga hal yang mungkin menimbulkan kesedihan, yaitu saat kita berpisah dengan bulan suci ini. 

Di bulan suci ini kerap kita temui fenomena lucu dan menggelitik di sekitar kita, yang nyatanya itu bisa dikategorikan sebagai tindakan maksiat. Sebagai contohnya adalah fenomena bunglon, sebuah fenomena menggelitik tentang cara berbusana kaum muslim hanya karena sebuah moment ramadhan. Nah, sering kita lihat cewek muslim menggunakan kerudung hanya karena ikut-ikutan trend saja. Saat ramadhan berakhir, mereka juga ikut-ikutan 'membongkar kerudung' yang ada di kepala. 

Sesungguhnya baju boleh berjilbab bagi yang cewek, atau berbaju koko bagi yang cowok. Namun ketika dilihat, mereka justru sering terlihat berdua-duaan atau bisa disebut 'mojok' di beberapa tempat umum yang berpotensi dilihat oleh banyak orang. Bukankah ini justru mencoreng diri sendiri dan sama sekali kurang memahami kemuliaan bulan ramadhan? Jangan sampai Anda yang saat ini masih berusia belia melakukan hal yang sama. Ingat ya, itu sah-sah saja jika sudah ada ikatan pernikahan. Jika belum, tentu bukan muhrim. 

Kemuliaan bulan Ramadhan, Bagaimana Cara Memahaminya?

Mengapa fenomena ini bisa terjadi? Jawabannya adalah karena pemahaman terhadap ajaran Islam sungguh terlalu dangkal. Banyak yang menganggap Islam sebagai ibadah ritual semata yang hanya muncul pada bulan Ramadhan. Ramadhan sendiri seakan hanya dimaknai sebagai salah satu aksesoris umat Islam setiap tahunnya. Kemuliaan bulan ramadhan seakan tak pernah disadari dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. Oleh karenanya tak heran jika banyak orang jadi kelihatan islami ketika bulan Ramadhan tiba.  

Baca juga :

Baju muslim dan muslimah akhir-akhir ini sepertinya dijadikan pilihan mode saja tanpa ada kesadaran penuh tentang syariat Islam. Padahal seharusnya penampilan luar merupakan cerminan akan ketaatan manusia kepada Tuhan. Nah, bagaimana cara mengatasinya? 

Jika Anda tak ingin terseret ke dalam kehidupan islami yang hanya 'ikut-ikut' namun dengan kesadaran penuh untuk meningkatkan keimanan serta menjunjung tinggi kemuliaan bulan ramadhan, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan : 

1. Berpuasa dengan ikhlas 
Jika ikut berpuasa berarti Anda benar-benar harus benar-benar memahami kemuliaan bulan ramadhan serta memiliki niat untuk menjalankan ibadah ini dengan baik dan ikhlas. Jangan sampai Anda secara fisik terlihat sedang berpuasa namun ternyata ada niatan batal saat ada sesuatu makanan yang menggoda. Pahala puasa di bulan Ramadhan takkan bisa digantikan dengan apapun walaupun dilaksanakan diluar bulan Ramadhan. 

2. Jangan malas-malasan
Saat berpuasa, Anda jangan menjadikan hal ini sebagai alasan untuk berdiam diri, tidur seharian atau bahkan bermalas-malasan. Puasa itu ibadah, oleh sebab itu jalankan ibadah ini dengan tulus ikhlas tanpa embel-embel malas. Anda dikatakan telah memahami kemuliaan bulan ramadhan saat bisa tetap melakukan aktivitas seperti biasa walaupun sedang berpuasa. Jangan pernah takut bahwa aktivitas ini akan menganggu puasa Anda karena jika ini dijalani dengan sungguh-sungguh, puasa Anda pasti lancar dan penuh berkah. 

Baca juga : 

3. Banyak berbuat amal
Anda bisa mengisi bulan puasa ini dengan banyak melakukan kegiatan amal, misalnya bersedekah kepada yang miskin, rajin membaca Al-Quran atau menjalankan ibadah sunah. Mungkin Anda masih ingat bahwa kegiatan amal yang kita lakkan di bulan puasa ini pahalanya bakal dilipatgandakan oleh Tuhan? Nah, tingkatkan kemuliaan bulan ramadhan ini dengan segala rasa syukur dan perbuatan baik agar ibadah yang sudah Anda niatkan ini diterima oleh Tuhan. 

4. Hindari perbuatan negatif
Nah, selama bulan puasa ini, jangan pernah Anda berpikir atau bahkan melakukan perbuatan negatif yang dilarang oleh agama. Saat bertemu dengan tetangga atau orang-orang yang dekat, hindari untuk ngerumpi lama-lama yang pada akhirnya hanya menggunjingkan tentang orang lain. 
Apalagi menjelang Idul Fitri seperti ini, masyarakat seakan dihantui dengan banyak kebutuhan sehingga harus menyediakan dana lebih sebagai persiapan. Saat kekurangan ekonomi, beberapa orang justru nekat melakukan tindakan tak terpuji seperti mencuri, mencopet, merampok dan berbagai hal kriminal lainnya. Tentu ini harus dihindari dan jangan lupa jaga diri Anda dan keluarga agar tak menjadi korban kejahatan menjelang hari raya. 


Kemuliaan Bulan Ramadhan Memperkuat Keimanan 

Itulah beberapa hal yang bisa Anda usahakan untuk bisa menjunjung tinggi kemuliaan bulan ramadhan dengan cara menjalani ibadah Ramadhan ini dengan baik dan menjauhkan diri dari perbuatan maksiat. Tidak ada jaminan bagi kita semua bahwa kelak akan berjumpa lagi di Ramadhan berikutnya. Oleh karena itu, manfaatkan waktu yang masih dianugerahkan Tuhan ini dengan beragam aktivitas yang positif sebagai salah satu cara untuk menabung pahala, bekal kita di akhirat nanti.


Baca juga artikel menarik lainnya : 


Share this

Sebuah perusahaan yang bergerak di Bidang Pelatihan dan Bisnis Consultasi yang berada di Kota Gudeg Yogyakarta. Sebagai Perusahaan yang dinamis Bioenergi Center selalu memberikan solusi yang spektakuler yang penuh dengan inovatif, kreatif dan unik. Bioenergi International yang telah berkembang di 11 negara seperti Singapore dan Malaysia telah di sambut dengan antusias oleh masyarakat di negara tersebut, karena telah terbukti memberikan berbagai manfaat untuk meningkatkan kualitas hidup dan membantu memberikan solusi dari berbagai masalah yang mereka hadapi.

Related Posts

Previous
Next Post »