Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa


Cara menghilangkan bau mulut Bulan puasa memang selalu ditunggu-tunggu oleh banyak umat sedunia. Saat puasa biasanya tubuh kekurangan cairan, sehingga membuat mulut menjadi kering dan akhirnya menimbulkan bau. Bau mulut kerap menimbulkan ketidaknyamanan dan rasa tak percaya diri sehingga banyak orang mencoba mencari cara menghilangkan bau mulut yang mudah dan praktis. 

Tahukah Anda bahwa bau mulut yang terjadi saat berpuasa memiliki beberapa faktor penyebabnya. Beberapa faktor penyebab hal ini terjadi adalah adanya bakteri yang menghasilkan gas sulfur, tidak memproduksi gas savila dan memiliki penyakit diabetes serta maag. Oleh karenanya, sangat wajar jika di bulan puasa banyak orang yang merasakan bau mulut dan memilih untuk menjaga jarak saat berkomunikasi dengan orang lain. 

Baca juga : 


Nah, Anda tak ingin puasa ramadhan tak nyaman hanya gara-gara bau mulut kan? Berikut beberapa bahan makanan yang bisa dimanfaatkan untuk mengantisipasi bau mulut yang sering terjadi. 

1. Cara menghilangkan bau mulut: konsumsi daun Mint
Saat sahur atau berbuka, kunyahlah makanan dengan bau khas seperti daun mint atau bisa juga kemangi. Tak hanya itu, Anda juga dapat mengonsumi cengkeh, kayu manis dan biji kapulaga. Cara mengonsumsinya bisa dicampur dengan minuman Anda untuk mengusir aroma tidak sedap pada mulut. 

2. Cara menghilangkan bau mulut: minum yoghurt
Dikutip MSN, penelitian terbaru menemukan, minum yoghurt setiap hari dapat mengurangi tingkat penyebab bau mulut. Hal ini karena yoghurt dapat menyingkirkan bakteri. Plak pada mulut serta penyakit gusi juga bisa berkurang. Namun ada syaratnya, pastikan yoghurt yang Anda konsumsi tidak memiliki rasa dan tanpa gula (plain yoghurt).

3. Cara menghilangkan bau mulut: minum teh Hijau (Green tea)
Bau mulut umumnya disebabkan oleh bakteri dan kuman. Nah, untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan green tea yang kaya akan catechin. Catechin sendiri adalah senyawa aktif yang bagus untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab bau mulut. Nah, dengan kandungannya tersebut, green tea sangat dianjurkan untuk mereka yang punya masalah dengan bau mulut. Asalkan dikonsumsi minimal 2 – 3 kali per hari, bau mulut yang Anda miliki akan hilang seutuhnya.

4. Cara menghilangkan bau mulut: konsumsi makanan kaya Vitamin C
Jeruk, melon dan stroberi merupakan makanan yang kaya akan vitamin C. Vitamin C akan membuat bakteri tidak hinggap di mulut. Vitamin ini juga bagus dikonsumsi agar terhindar dari penyakit gusi yang juga menjadi penyebab bau mulut.

Baca juga : 

5. Cara menghilangkan bau mulut: Hindari Makan Bawang
Bawang merupakan makanan yang dapat membuat napas menjadi berbau. Untuk itu hindarilah makan makanan yang terlalu banyak menggunakan bawang putih, merah dan bombay saat sahur.

6. Cara menghilangkan bau mulut: teratur sikat gigi & menyikat lidah 
Saat Anda baru bangun tidur, mulut pasti berbau, hal itu karena mulut kering dan sel-sel mati menumpuk. Solusinya, menggosok gigi merupakan hal yang pertama kali harus Anda lakukan setelah bangun tidur dan sebelum pergi tidur, untuk menghilangkan kuman yang berkembang di sekitar gigi, gusi dan jangan lupa untuk menyikat lidah. The Merck Manual Online Medical Library menuliskan bahwa dengan menyikat lidah menggunakan sikat gigi dan pasta gigi dapat mengurangi bau pada napas.


Baca juga artikel menarik lainnya: 


Share this

Sebuah perusahaan yang bergerak di Bidang Pelatihan dan Bisnis Consultasi yang berada di Kota Gudeg Yogyakarta. Sebagai Perusahaan yang dinamis Bioenergi Center selalu memberikan solusi yang spektakuler yang penuh dengan inovatif, kreatif dan unik. Bioenergi International yang telah berkembang di 11 negara seperti Singapore dan Malaysia telah di sambut dengan antusias oleh masyarakat di negara tersebut, karena telah terbukti memberikan berbagai manfaat untuk meningkatkan kualitas hidup dan membantu memberikan solusi dari berbagai masalah yang mereka hadapi.

Related Posts

Previous
Next Post »