Berpuasa saat Hamil, Apa yang harus Diperhatikan?

Berpuasa saat Hamil, Apa yang harus Diperhatikan?

Berpuasa saat hamil - Bagi para wanita, kehamilan merupakan proses menyenangkan yang akan dinikmati sekitar 9 bulan lamanya. Dalam kondisi hamil, wanita tentu harus menjaga kesehatan tubuhnya dan mengonsumsi makanan sehat agar janin yang ada di rahimnya semakin tumbuh sehat dan kuat. Nah, bagaimana jika bulan ramadhan datang? Apakah ada tips khusus berpuasa saat hamil agar kondisi tubuh terjaga?


Berpuasa saat Hamil, Bolehkah? 

Puasa itu merupakan kewajiban yang harus dijalani, termasuk bagi para ibu yang sedang hamil muda. Jika stamina bagus dan dinyatakan sehat oleh ahlinya, tentu ibu hamil ini diperbolehkan untuk ikut puasa ramadhan. Kecuali jika berpuasa saat hamil, ia merasakan mual hingga muntah atau kondisi lain yang membuat tubuh lemah, sebaiknya puasa dibatalkan demi kesehatan si ibu dan janin yang dikandungnya. 

Baca juga : 

Berpuasa saat hamil memang penuh tantangan. Oleh karenanya, diperlukan kiat-kiat khusus agar puasa membawa berkah bagi diri dan kesehatan janin tetap terjaga baik. Berikut adalah tips berpuasa saat hamil yang harus diketahui oleh para ibu : 

1.  Hal wajib : Konsultasi ke dokter atau bidan yang Anda percaya 

Jika Anda kini sedang hamil dan ingin menjalankan ibadah puasa Ramadhan, lakukan konsultasi kesehatan kepada dokter atau bidan kepercayaan Anda untuk memastikan bahwa kondisi kesehatan Anda takkan terganggu karena berpuasa. Jika dokter mengatakan aman, Anda bisa berpuasa saat hamil dengan lebih yakin, apalagi beberapa penelitian mengatakan bahwa aktivitas puasa yang dijalankan oleh ibu hamil takkan membawa efek buruk, seperti gangguan kesehatan, gangguan kelahiran, pengurangan berat badan dan hal buruk lainnya. 

2. Analisis Riwayat Kesehatan Anda

Riwayat kesehatan ibu hamil memang pantas diperhatikan, apalagi jika ia ingin menjalankan puasa. Biasanya dokter atau bidan akan mempertimbangkan riwayat kesehatan Anda sebelum berpuasa saat hamil, misal apakah tekanan darah normal, apakah pernah menderita anemia, apakah berpotensi pendarahan dsb. JIka kondisi Anda dinyatakan sehat, maka silakan menjalankan ibadah puasa dengan mantab dan tentunya ini takkan menganggu kesehatan janin. 

3. Penuhi Nutrisi untuk Tubuh 

Ketika berpuasa saat hamil, pastikan bahwa makanan yang Anda konsumsi memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh janin. Oleh karenanya, pilihlah jenis makanan yang kaya nutrisi saat Anda makan sahur maupun berbuka puasa agar dapat mengembalikan energi selama seharian penuh berpuasa. Cukupi menu Anda dengan vitamin, protein, karbohidrat dan lemak agar perkembangan janin tetap baik dan Anda pun memiliki stamina yang kuat. Agar tak bosan, buatlah menu istimewa yang tak sama setiap harinya agar lebih bersemangat saat berpuasa. 

Baca juga : 

4.  Pastikan Mencukupi Kebutuhan Cairan di Tubuh

Saat berpuasa, seseorang pastinya akan merasakan dehidrasi yang begitu kuat. Apalagi bagi ibu hamil, ia harus minum air dalam jumlah lebih untuk mencukupi kebutuhan cairan untuk ibu sendiri maupun janinya. Dengan minum air sebanyak 8 gelas setiap hari, Anda sudah bisa mengganti cairan tubuh yang hilang saat berpuasa. Sumber air mineral lainnya juga bisa Anda dapatkan dari buah dan sayur yang mengandung banyak air. Dengan demikian, Anda akan merasakan tubuh yang segar setiap harinya walaupun berpuasa saat hamil 

5. Kontrol Aktivitas Anda

Kontrol aktivitas harus sangat diperhatikan bagi para ibu yang berpuasa saat hamil. Pada trimester pertama, ibu hamil biasanya mengalami perubahan fisik seperti perasaan pusing, morning sickness dan beragam gangguan lainnya. Kondisi ini lambat laut memicu stress atau kelelahan. Oleh karena itu, aktivitas ibu hamil sebaiknya dibatasi untuk hal yang kurang penting agar tetap nyaman saat menjalankan ibadah puasa. 

6. Olahraga tepat untuk ibu hamil

Nah, olahraga bagi ibu hamil itu menyehatkan loh. Mungkin diantara Anda ada yang takut, saat berolah raga kan mengeluarkan banyak keringat sehingga memicu kelelahan atau dehidrasi. Selama berolahraga memang berkeringat, namun Anda akan merasa lebih bugar dan sehat. Dengan gerakan khusus ibu hamil, olah raga justru membantu Anda beradaptasi perubahan fisik yang terjadi selama hamil. Silakan memilikh olah raga yang paling membuat Anda nyaman selama berpuasa saat hamil, misalnya dengan gerakan yoga, senam hamil dst. 


Berpuasa saat Hamil, Inilah Menu yang harus Disiapkan

Itulah tips berpuasa saat hamil yang harus diperhatikan agar lancar menjalankan ibadah selama bulan Ramadhan. Saat sahur, sebaiknya Anda memiliki jenis makanan yang mengandung lemak dan protein agar memperlambat rasa lapar di siang hari. Nah saat berbuka, sebaiknya Anda mengawalinya dengan minum-minuman yang panas dan manis untuk meningkatkan kadar gula darah. Sebaliknya, saat sahur Anda dilarang untuk konsumsi makanan manis agar tubuh tidak lemas dan cepat merasa lapar akibat insulin shock.
Selamat berpuasa, semoga ibu dan janin sehat selalu selama berpuasa saat hamil  :)


Baca juga artikel menarik lainnya : 

Share this

Sebuah perusahaan yang bergerak di Bidang Pelatihan dan Bisnis Consultasi yang berada di Kota Gudeg Yogyakarta. Sebagai Perusahaan yang dinamis Bioenergi Center selalu memberikan solusi yang spektakuler yang penuh dengan inovatif, kreatif dan unik. Bioenergi International yang telah berkembang di 11 negara seperti Singapore dan Malaysia telah di sambut dengan antusias oleh masyarakat di negara tersebut, karena telah terbukti memberikan berbagai manfaat untuk meningkatkan kualitas hidup dan membantu memberikan solusi dari berbagai masalah yang mereka hadapi.

Related Posts

Previous
Next Post »