Tips Berhemat Saat Ramadhan, Yuk Lakukan Ini



Tips Berhemat Saat Ramadhan, Yuk Lakukan Ini


Tips berhemat saat Ramadhan - Apakah Anda dan keluarga selalu menanti kedatangan bulan Ramadhan? Bulan suci ini selalu membawa sukacita bagi seluruh umat muslim di Dunia. Banyak hal berbeda yang akan kita rasakan saat memasuki bulan Ramadhan, diantaranya perubahan pola makan, perubahan jam kerja, perubahan harga sembako dan tentunya perubahan pengeluaran pribadi kita. 



Tips Berhemat Saat Ramadhan, Anda sudah Lakukan?

Nah, jika logikanya saat berpuasa adalah mengurangi makan dan minum, otomatis pengeluaran harusnya berkurang bukan? Tapi kenyataan seringkali terbalik dan ini justru menimbulkan pengeluaran rumah tangga yang ekstra daripada hari-hari biasanya. Tak heran jika kondisi ini menimbulkan keluhan bagi para ibu rumah tangga yang agak kesulitan cari bahan makanan murah untuk 1 bulan ke depan. 

Baca juga :

Agar ibadah puasa Anda dan keluarga terasa lebih khusuk dan menyenangkan, berikut tips berhemat saat Ramadhan yang harus diketahui : 

1. Tips Berhemat saat Ramadhan : Belanja langsung Banyak 

Jika Anda selama ini hanya belanja barang kebutuhan rumahnya semingus ekali atau bahwa setiap hari, cobalah untuk berbelanja sekali saja namun dalam jumlah yang banyak, misal untuk 1 tahun ke depan. Memang tampak besar pengeluaran di kasir, namun ini akan mendatangkan efektivitas, baik biaya, waktu dan tenaga. Beberapa market juga menyediakan fasilitas diskon tertentu jika membeli dalam jumlah banyak. 

2. 
Tips Berhemat saat Ramadhan :Kurangi Aktivitas Buka Bersama 
Buka bersama adalah aktivitas rutin Anda setiap tahunnya? Yuk kurangi kegiatan ini karena akan membuat pengeluaran Anda membengkak, kecuali sih kalau ditraktir, hehehe... Reunian bersama teman TK, SD, SMP, SMA, kuliah, hingga beberapa tempat kerja memang mengasyikkan. Namun ada baiknya Anda lebih elektif lagi saat ingin memutuskan buka bersama agar tak terlalu boros saat menjalani ibadah Ramadhan. 

3. 
Tips Berhemat saat Ramadhan : Membuat Makanan Sendiri
Saat berjalan di supermarket atau ke toko-toko kue, seringkali mata kita seakan ditarik untuk melihat ke arah toplesan makanan ringan yang tampak menggoda lidah itu. Nah, berapa biaya yang akan dikeluarkan untuk belanja aneka camilan jika Anda tergoda untuk mengambil banyak makanan? Hehehe, yuk lebih berhemat dengan cara membuat camilan sendiri di rumah. Cari tutorialnya di internet lalu ikuti saja caranya. Bukan hanya camilan, makanan berat pun, misal untuk buka puasa, sebaiknya Anda olah sendiri untuk hemat biaya, disamping lebih sehat juga. 

Baca juga :


4.
Tips Berhemat saat Ramadhan : Tak Harus Baju Baru
Mengenakan baju saat hari raya lebaran sepertinya sudah menjadi tradisi sejuta umat. Inis ering dianggap sebagai salah satu merayakan kemenangan setelah satu bulan penuh melawan hawa nafsu. Nah terkait dengan ini, Anda harus mengkaji dua kali sebelum berbelanja baju baru. Anda ada uang lebih, mungkin kebiasaan ini takkan jadi masalah, Namun jika Anda sedang berkekurangan, menggunakan baju lama pun tak jadi masalah, asal bersih dan sopan. Jadi, manfaat uang pada tempatnya dan sesuai kebutuhan. 


Tips Berhemat saat Ramadhan, Sudahkan Anda persiapkan di tahun ini? 

Sambut Ramadhan tahun ini dengan cara yang berbeda, yaitu hemat dan sederhana. Insyaallah, hubungan kita kepada Allah akan terasa lebih intim. Ternyata tak terlalu sulit jika ingin menghemat pengeluaran saat bulan Ramadhan hingga hari raya. Bulan suci Ramadhan pada hakekatnya tidak mewajibkan umatnya untuk mengeluarkan uang secara besar-besaran namun bagaimana Anda bisa bertobat secara besar-besaran sehingga layaklah Anda menyambut hari raya, tentu dengan hati yang baru. 


Baca juga artikel menarik lainnya:

Share this

Sebuah perusahaan yang bergerak di Bidang Pelatihan dan Bisnis Consultasi yang berada di Kota Gudeg Yogyakarta. Sebagai Perusahaan yang dinamis Bioenergi Center selalu memberikan solusi yang spektakuler yang penuh dengan inovatif, kreatif dan unik. Bioenergi International yang telah berkembang di 11 negara seperti Singapore dan Malaysia telah di sambut dengan antusias oleh masyarakat di negara tersebut, karena telah terbukti memberikan berbagai manfaat untuk meningkatkan kualitas hidup dan membantu memberikan solusi dari berbagai masalah yang mereka hadapi.

Related Posts

Previous
Next Post »