Puasa itu Sehat Jika Anda Menjaga Keseimbangan Tubuh

Puasa itu Sehat Jika Anda Menjaga Keseimbangan Tubuh


Puasa itu sehat - Berpuasa satu bulan penuh di bulan Ramadhan tentu menjadi moment yang paling ditunggu-tunggu umat Islam di seluruh dunia. Di bulan suci ini, setiap orang bisa melakukan refleksi dalam rangka melebur segala dosa yang telah dilakukan. harapannya, kita harus cerdas untuk membuat puasa kita ini tetap berjalan baik dan sesuai ketentuan. 

Selama berpuasa, rasa lapar dan haus pastinya menghantui. Apalagi terjadi perubahan pola makan yang lumayan drastis, tubuh kadang bergejolak dan tak jarang menganggu kerja beberapa organ penting yang menunjang aktivitas kita sehari-hari. Tentu saja, Anda dan keluarga tak ingin mengalami hal ini. Karena pada dasarnya puasa itu sehat dan mendatangkan pahala, setiap orang tentu berharap bisa menjalankan ibadah ini dari awal hingga hari terakhir. 

Puasa itu Sehat jika Anda Melakukan ini

Puasa Ramadhan secara umum akan mendatangkan efek positif bagi tubuh, baik jasmani maupun rohani (puasa itu sehat). Nah, bagaimana agar puasa Anda lancar selama 30 hari? Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu melancarkan puasa Anda : 

Baca juga : 

1. Konsumsi Makanan Sehat 
Saat berbuka puasa, sebaiknya Anda atur makanan yang hendak dinikmati agar keseimbangan tubuh terjaga. Konsumsi makanan manis diperbolehkan namun jangan terlalu banyak dan hindari juga makanan yang mengandung banyak minyak untuk membuat stamina Anda selalu baik. 

2. Penuhi Kebutuhan Cairan (minum)
Untuk menghindari kondisi lemas ataupun dehidrasi, alangkah baiknya jika Anda bisa memenuhi kebutuhan cairan di tubuh, yaitu dengan banyak minum. AIr putih adalah yang paling direkomendasikan untuk menjaga stamina Anda seharian. Karena puasa itu sehat, pada saat buka puasa hingga sahur, setidaknya Anda bisa minum sekitar 1,5 liter per hari, sesuai kebutuhan cairan tubuh secara normal. 

3. Usahakan Tidur di siang hari 
Jika memungkinkan, silakan Anda bisa beristirahat sejenak atau bahkan tidur di siang hari selama bulan Ramadhan. Ini tentu ada manfaatnya, yaitu mengumpulkan cadangan energi saat seharian beraktivitas karena semua memahami bahwa puasa itu sehat dan harus diusahakan agar tubuh selalu fit. Ibadah Anda akan terasa lebih ringan. 

Baca juga : 

4. Kurangi Aktivitas fisik
Nah, bagi Anda yang hobi beraktivitas fisik kesana-kesini atau suka olahraga, sebaiknya di bulan Ramadhan, Anda dapat mengurangi aktivitas tersebut untuk menyeimbangkan tubuh. Berolahraga tidak dilarang, asal dalam kondisi maupun durasi yang sesuai karena puasa itu sehat jika kita dapat mengatur pola hidup dengan baik. 

5. Bagi fisik yang lemah
Nah, ini khusus bagi Anda yang mungkin harus menjaga tubuh lebih ekstra dibandingkan orang lain yang kondisi tubuhnya normal. Jangan sepelekan kondisi tubuh agar aktivitas Anda tak terganggu saat berpuasa. Puasa itu sehat jika Anda bisa mendapatkan izin dokter terlebih dahulu untuk bisa berpuasa, terutama bagi para lansia, ibu hamil, ibu menyusui, sedang punya penyakit jantung atau penyakit kronis lainnya. Walaupun puasa itu menyehatkan namun perlu ada perhatian khusus bagi mereka yang fisikya sedang lemah. 

Puasa itu sehat, yuk share ini kepada orang-orang di sekitar Anda

Nah, ternyata tak sulit ya untuk mengatur puasa yang sehat untuk Anda dan keluarga. Semoga puasa tahun ini membawa kebaikan dan kesehatan bagi Anda, tentu dengan melakukan puasa yang benar dan disesuaikan dengan kondisi tubuh. Selain itu, ada banyak inspirasi menu buka puasa dan sahur yang sehat sehingga nutrisi di tubuh tetap terjaga. Selamat menjalan ibadah puasa tahun ini, semoga lancar dan membawa berkah. 


Baca juga artikel menarik lainnya : 

Share this

Sebuah perusahaan yang bergerak di Bidang Pelatihan dan Bisnis Consultasi yang berada di Kota Gudeg Yogyakarta. Sebagai Perusahaan yang dinamis Bioenergi Center selalu memberikan solusi yang spektakuler yang penuh dengan inovatif, kreatif dan unik. Bioenergi International yang telah berkembang di 11 negara seperti Singapore dan Malaysia telah di sambut dengan antusias oleh masyarakat di negara tersebut, karena telah terbukti memberikan berbagai manfaat untuk meningkatkan kualitas hidup dan membantu memberikan solusi dari berbagai masalah yang mereka hadapi.

Related Posts

Previous
Next Post »