Menu Sahur Sehat agar Tidak Mudah Lemas

Menu Sahur Sehat agar Tidak Mudah Lemas


Menu sahur sehat - Banyak umat muslim di seluruh dunia yang menyambut bulan suci Ramadhan dengan penuh sukacita. Bulan suci ini menjadi tanda bahwa seluruh umat muslim wajib berpuasa selama 30 hari, yaitu dengan cara menahan hawa nafsu dari lapar, haus, dan nafsu jelek yang lainnya, mulai adzan subuh sampai adzan maghrib tiba. 

Puasa sendiri bukanlah alasan untuk tak mau melakukan aktivitas apapun ataupun bermalas-malasan. Hal ini kadang terjadi pada beberapa individu lantaran tubuh merasa lemas karena dehidrasi saat berpuasa, apalagi terik siang hari juga sangat mempengaruhi. 

Menu Sahur Sehat agar Tubuh Bugar dan Tak Lemas saat Berpuasa

Tubuh lemas saat berpuasa sering disebabkan karena minimnya asupan makanan selama berpuasa, kurang mengkonsumsi menu sahur sehat, kurang minum air, kurang istirahat atau tidur. Nah, untuk memberikan energi saat puasa satu hari penuh, setiap umat yang berpuasa diharapkan untuk melakukan sahur di pagi hari. Ini adalah salah satu penentu yang akan membuat tubuh Anda tetap segar dan kuat beraktivitas sehari-hari.

Baca juga : 

Apakah Anda juga sering merasakan lemas saat berpuasa? Berikut adalah beberapa cara mengkonsumsi menu sahur sehat yang akan meningkatkan energi dan semangat Anda dan kaluarga dalam menjalankan ibadah puasa : 

1. Menu sahur sehat : Makanlah dengan Porsi Normal 
Saat berpuasa, sebaiknya Anda sahur dengan porsi normal. JIka Anda makan terlalu banyak, perut akan terasa penuh sehingga justru membuat lambung Anda tak nyaman. Di sisi lain, Anda pun akan mudah dehidrasi sehingga cepat membuat tubuh lemas. Solusinya, makanlah dengan porsi normal/wajar agar Anda bisa tetap segar selama berpuasa. 

2. Menu sahur sehat : Jangan lupa Minum Air Putih
Diharapkan Anda bisa minum banyak air putih saat sahur agar saat beraktivitas tak mudah dehidrasi. Mungkin dari antara Anda lebih suka minum teh manis atau minuman manis lainnya. Walaupun menambah energi lebih cepat, namun eneerginya juga akan cepat habis sehingga Andapun akan mudah merasa lemas. Oleh karenanya, air putih adalah minuman yang paling direkomendasikan selama berpuasa untuk tubuh yang lebih sehat. 

3. Menu sahur sehat : Konsumsi Makanan Mengandung Karbohidrat Kompleks
Jika Anda dan keluarga tak ingin cepat lapar saat puasa, silahkan pilih makanan sahur yang kaya akan karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, gandum utuh, biji-bijian dan sebagainya. Karbohidrat kompleks sendiri akan dicerna lebih lama sehingga mampu menghasilkan cadangan energi yang lama serta memperlambat sistem pencernaan. Efeknya, perut Anda pun akan merasakan kenyang lebih lama. 

Baca juga : 

4. Menu sahur sehat : Konsumsi makanan Mengandung Zat Besi 
Ada baiknya Anda pada saat sahur mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi agar tubuh tak lemas atau mengantuk selama berpuasa. Zat besi sendiri dapat membantu meningkatkan pasokan kadar hemoglobin dalam tubuh sehingga tubuh akan terasa lebih sehat dan bugar seharian.

5. Menu sahur sehat : Makan dengan Nyaman, Jangan Terburu-buru
Saat sahur, jangan sampai Anda terburu-buru mengunyah makanan karena dapat menganggu sistem pencernaan tubuh yang pada akhirnya membuat tubuh lebih lama menyerap nutrisi makanan. Oleh karena itu, usahakan Anda bisa menikmati menu sahur dengan kondisi yang nyaman dan tak terburu-buru sehingga makanan yang Anda konsumsi dapat terserap tubuh dengan baik. 

Menu sahur sehat  ini direkomendasikan agar puasa Anda bisa berjalan dengan lancar

Pada saat berpuasa, sibukkan diri Anda dengan beragam kesibukan yang akan mengalihkan perhatian Anda dari rasa lapar dan haus. Selama menjalankan puasa, manfaatkan waktu luang Anda untuk beribadah, seperti sholat, membaca Al-Quran, bersedekah atau melakukan berbagai hal positif lainnya di bulan suci Ramadhan ini. Semoga puasa Ramadhan Anda tahun ini berjalan dengan lancar dan penuh berkah, 

Baca juga artikel menarik lainnya: 







Share this

Sebuah perusahaan yang bergerak di Bidang Pelatihan dan Bisnis Consultasi yang berada di Kota Gudeg Yogyakarta. Sebagai Perusahaan yang dinamis Bioenergi Center selalu memberikan solusi yang spektakuler yang penuh dengan inovatif, kreatif dan unik. Bioenergi International yang telah berkembang di 11 negara seperti Singapore dan Malaysia telah di sambut dengan antusias oleh masyarakat di negara tersebut, karena telah terbukti memberikan berbagai manfaat untuk meningkatkan kualitas hidup dan membantu memberikan solusi dari berbagai masalah yang mereka hadapi.

Related Posts

Previous
Next Post »