Melatih Anak Puasa Ramadhan, Ini yang harus dilakukan Orang Tua

Melatih Anak Puasa Ramadhan, Ini yang harus dilakukan Orang Tua

Melatih anak puasa - Saat bulan ramadhan, pernahkah Anda mencoba untuk mengajak anak Anda untuk ikut berpuasa? Mungkin Anak Anda mulai tertarik dengan beragam iklan ramadhan dari media televisi ataupun media elektronik lainnya. Namun tanpa ada bimbingan dari orang tua, mereka takkan paham mengenai makna Ramadhan yang sesungguhnya. Nah, bagaimana cara mengajak mereka untuk bisa bersama-sama menjalankan ibadah puasa dengan benar? 

Pola makan anak yang sehari-hari terbiasa untuk ngemil sana-sini tentu sedikit menyulitkan kita untuk bisa membatasi pola konsumsinya. Tapi jika Anda bisa telaten untuk mengajarinya sejak dini, tentu ini bukan menjadi hal yang sulit untuk melatih anak puasa. Apalagi anak Anda mulai melihat sedikit demi sedikit mengamati perubahan pola hidup orang tuanya selama bulan Ramadhan. Dengan tidak makan dan minum seharian, anak Anda akan merekam itu sebagai sebuah fenomena yang beda dari hari-hari lainnya.  


Baca juga : 

Melatih Anak Puasa Ramadhan sesuai Firman Allah

Untuk melatih anak puasa, sebaiknya Anda memperhatikan kondisi fisik maupun psikisnya. Biarlah mereka belajar untuk berpuasa semampu mereka hingga secara perlahan  berkembang seiriing pertambahan umur. Sebagai orang tua, Anda bisa menekankan kepada anak Anda bahwa ibadah puasa Ramadhan merupakan salah satu kewajiban yang diperintahkan langsung Allah SWT melalui firman-Nya : 
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,” (Q.S Al Baqarah, 2:183)
Ada pula hadits yang mendukung agar anak-anak diajarkan untuk puasa Ramadhan  lho, diantaranya :
“Barangsiapa yang tidak berpuasa di pagi hari, maka hendaklah ia menyempurnakan sisa hari ini dengan berpuasa. Barangsiapa yang berpuasa di pagi harinya, hendaklah ia tetap berpuasa.” Ar Rubayyi’ berkata, “Kami berpuasa setelah itu. Dan kami mengajak anak-anak kami untuk berpuasa. Kami membuatkan pada mereka mainan dari bulu. Jika saat puasa mereka ingin makan, maka kami berikan pada mereka mainan tersebut. Akhirnya mereka terus terhibur sehingga mereka menjalankan puasa hingga waktu berbuka.” (HR. Bukhari no. 1960).

Melatih Anak Puasa dengan Cara Mudah

Melatih anak puasa bukanlah hal sulit. Bagi para orang tua, berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk melatih anak puasa saat bulan Ramadhan : 

1. Tanamkan apa itu Puasa

Sebagai langkah awal, Anda bisa menanamkan makna puasa secara sederhana dan menarik. Silakan dikemas dalam bentuk yang mudah diterima oleh anak Anda, bisa dalam bentuk cerita, dongeng, nyanyian dan sebagainya. 

2. Berikan Pemahaman apa itu Puasa
Sebelum bulan ramadhan, sebaiknya Anda sudah mulai mengenalkan tentang puasa kepada anak. Beri pemahaman secara perlahan tentang arti, manfaat dan praktek puasa jauh-jauh hari. Intinya, saat melatih anak puasa, ekpresikan ibadah puasa secara positif dan membuat anak senang sehingga ia akan tertarik untuk mengikutinya. 

3. Ajak anak Berpuasa namun Tanpa Paksaan
Jika ia sudah memahami teori berpuasa, langkah selanjutnya adalah mengajaknya untuk mulai mempraktekannya. Melatih anak puasa dengan tawaran lembut tanpa nada memaksa akan membuatnya lebih cepat untuk menanggapinya bahkan mulai melaksanakan ibadah ini secara perlahan. Apalagi jika berteman dengan teman-temannya yang seumuran dimana orang tua mereka juga melatih berpuasa, kebiasaan ibadah seperti ini akan lebih mudah diterima oleh anak Anda. 

Baca juga : 

4. Suasana Menyenangkan Saat Berpuasa

Selama bulan puasa, sebaiknya para orang tua menciptakan suasana yang hangat dan menyenangkan di dalam keluarga. Tujuannya untuk apa? Tentu saja agar suasana seperti ini bisa tertanam baik di memori anak sehingga akan menimbulkan sebuah kerinduan saat kelak sudah menjauh dari bulan suci ini. Selama berpuasa, tunjukkan bahwa Anda tetap semangat menjalankan aktivitas apapun. Selain itu, jangan lupa pula untuk mewujudkan suasana sahur dan buka puasa yang menyenangkan

5. Siapkan menu favorit sata Buka dan Sahur

Jika ingin lebih menarik perhatian anak, Anda bisa menyiapkan menu favorit anak saat berbuka maupun sahur sehingga ia lebih semangat menjalankan ibadah ini. Sesekali Anda memberi reward kepada anak, misal jika ia kuat berpuasa dalam beberapa hari, akan dibelikan makanan/mainan kesukaannya namun jangan dibiasakan seperti ini karena jika keterusan juga efeknya kurang baik saat melatih anak puasa

Demikianlah cara mudah melatih anak puasa dengan cara yang asyik dan menyenangkan. Namun jangan langsung memaksanya untuk puasa seharian penuh ya karena daya tahan tubuh anak kan berbeda dengan kita yang sudah dewasa. Saat Ramadhan, ada banyak cara yang bisa dilakukan orang tua untuk melatih anak puasa, namun hal yang harus orang tua pahami adalah berikan teladan cara berpuasa yang benar terutama dalam mengontrol hawa nafsu yang sesuai dengan ajaran Al Qur'an. 


Baca juga artikel menarik lainnya : 



Share this

Sebuah perusahaan yang bergerak di Bidang Pelatihan dan Bisnis Consultasi yang berada di Kota Gudeg Yogyakarta. Sebagai Perusahaan yang dinamis Bioenergi Center selalu memberikan solusi yang spektakuler yang penuh dengan inovatif, kreatif dan unik. Bioenergi International yang telah berkembang di 11 negara seperti Singapore dan Malaysia telah di sambut dengan antusias oleh masyarakat di negara tersebut, karena telah terbukti memberikan berbagai manfaat untuk meningkatkan kualitas hidup dan membantu memberikan solusi dari berbagai masalah yang mereka hadapi.

Related Posts

Previous
Next Post »