Cara Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Puasa

Cara Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Puasa


Cara menghilangkan rasa kantuk - Pernahkah Anda merasa ngantuk saat menjalankan puasa? Nah, mengantuk memang hal yang wajar dialami bagi mereka yang sedang berpuasa. Apalagi saat siang bolong dimana matahari sedang terik-teriknya. Selain rasa kantuk, badan lemas dan kurangnya konsentrasi bekerja juga sering menganggu ibadah ini. 

Rasa kantuk saat berpuasa bisa disebabkan oleh banyak faktor. Perubahan pola makan merupakan salah satu penyebabnya. Selain itu, penurunan kadar gula darah di otak juga mempengaruhi vitalitas tubuh saat berpuasa karena suplai oksigen menjadi berkurang. Kurangnya asupan zat besi ternyata juga menyebabkan kantuk karena zat besi sendiri bekerja membantu tubuh untuk menyerap oksigen dalam jumlah banyak ke otak. 



Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Kantuk saat Puasa?

Sekalipun kondisi mengantuk ini dianggap wajar bagi mereka yang berpuasa, namun jangan biarkan masalah ini berlarut-larut mengganggu dan menurunkan kualitas aktivitas Anda sehari-hari.

Baca juga : 

Jika Anda sering merasa kantuk saat berpuasa, yuk ikuti beberapa cara menghilangkan rasa kantuk berikut ini agar Anda lebih nyaman menunaikan ibadah puasa:

1. cara menghilangkan rasa kantuk: Konsumsi Makanan dengan Gizi Seimbang 
Nah sangat disarankan Anda mengkonsumsi banyak buah dan sayur untuk merangsang penyerapan zat-zat besi oleh tubuh. Usahakan bisa prioritas konsumsi vitamin C, bisa dari buah jeruk, mangga, pepaya, kiwi dan buah-buahan segar lainnya. Saat makan sahur dan berbuka, sayur juga harus selalu ada agar nutrisi seimbang. Dengan begini, kondisi kantuk juga bisa diminimalisir. 

2. cara menghilangkan rasa kantuk: Sahur dengan Makanan Karbohidrat
Agar metabolisme tubuh berjalan baik, tidak ada salahnya Anda mengkonsumsi berbabagai makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti oatmeal, singkong, nasi merah dsb. Karbohidrat kompleks yang mudah dipecah menjadi gula darah ini akan lebih lama menyimpan energi sehingga Anda akan merasa fit dan segar sepanjang hari. 

3. cara menghilangkan rasa kantuk: Jangan lupa minum banyak air putih
Air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh, diantaranya adalah mencegah tubuh dari dehidrasi dan meningkatkan daya tahan tubuh. Nah, bagi Anda yang berpuasa satu hari penuh, hendaknya bisa minum banyak air putih, mulai dari berbuka puasa hingga sahur di pagi hari. Insyaallah, Anda akan dikuatkan selama puasa dan terhindar dari rasa kantuk. 

4. cara menghilangkan rasa kantuk: Cuci muka 
Jika rasa kantuk mulai melanda, berusahalah beranjak dari tempat Anda lalu berjalan ke toilet atau wastafel. Cuci muka Anda secukupnya karena saat wajah bersentuhan dengan air, rasa kantuk biasanya hilang. Jangan lupa basahi juga telinga Anda karena beberapa ahli mengatakan bahwa membasahi telinga dengan air cukup menjadi obat kantuk yang mujarab, bahkan lebih mujarab daripada membasahi wajah. 

Baca juga : 


5. cara menghilangkan rasa kantuk: Tidur Berkualitas di malam hari 

Ini adalah kunci untuk menjaga daya tahan rubuh saat Anda berpuasa. Jika selama ini Anda hobi begadang, usahakan untuk bisa beristirahat malam tepat waktu agar energi Anda full saat dibutuhkan untuk ebraktivitas mulai pagi hingga sore hari. Tentu, cara ini juga efektif untuk mengurangi rasa kantuk saat berpuasa.  

Cara menghilangkan rasa kantuk saat menjalankan ibadah puasa ternyata tak sulit kan? 

Jika niat berpuasa Anda adalah demi meningkatkan keimanan dan kebaikan bagi sesama, mudah-mudahan semua yang Anda harapkan bisa terwujud dengan mudah. Rasa kantuk saat puasa itu biasa, yang luar biasa adalah ektika Anda bisa memahami cara menghilangkan rasa kantuk tersebut agar hari-hari di bulan suci ini lebih bermanfaat dan aktivitas Anda tetap lancar tanpa hambatan. 


Baca juga artikel menarik lainnya : 



Share this

Sebuah perusahaan yang bergerak di Bidang Pelatihan dan Bisnis Consultasi yang berada di Kota Gudeg Yogyakarta. Sebagai Perusahaan yang dinamis Bioenergi Center selalu memberikan solusi yang spektakuler yang penuh dengan inovatif, kreatif dan unik. Bioenergi International yang telah berkembang di 11 negara seperti Singapore dan Malaysia telah di sambut dengan antusias oleh masyarakat di negara tersebut, karena telah terbukti memberikan berbagai manfaat untuk meningkatkan kualitas hidup dan membantu memberikan solusi dari berbagai masalah yang mereka hadapi.

Related Posts

Previous
Next Post »