Temukan Impian di Balik Tembok Ketakutan


BioenergicenterNEWS.com Anda memiliki ketakutan terhadap sesuatu? Pasti ada, kita semua demikian. Meskipun begitu ketakutan saya dengan anda belum tentu sama. Kita semua memiliki ketakutan masing-masing. Tapi, tahukah anda bahwa terkadang ketakutan anda hanya merupakan naluri dan tidak berdasarkan akal sehat? Ketakutan biasanya disebabkan oleh perubahan keadaan yang tidak biasa anda alami. Kehidupan dan aktifitas sehari-hari yang anda lakukan telah membuat anda merasa nyaman dengan kegiatan yang anda lakukan karena anda telah terbiasa dengan itu. Tetapi begitu anda dihadapkan dengan keadaan dimana anda harus berubah terhadap keseharian anda, maka secara alami dan naluri anda akan merasakan ketakutan.

Mengapa? Ketakutan anda terjadi karena ketidaktahuan anda dengan apa yang akan terjadi dalam kondisi yang baru ini. Sehingga pikiran anda mulai membentuk sendiri kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi. Karena ketakutan telah meliputi anda, maka otomatis semua kemungkinan2 ini pun biasanya kemungkinan negatif. Jika anda sudah memiliki pikiran yang negatif, maka biasanya anda akan memilih untuk lari dari kemungkinan itu. Saya akan memberikan suatu contoh cerita yang ada di dalam buku “One Small Step Can Change Your Life”, karangan Robert Maurer, Ph.D. mengenai contoh ketakutan. Begini ceritanya……..
Ada seorang pemabuk terlihat seperti sedang berlutut di bawah lampu kota. Seorang polisi menghampirinya dan bertanya
Polisi : “Apa yang sedang kau lakukan di sini?”
Pemabuk : “ Saya sedang mencari kunci yang terjatuh”
Polisi : “Memangnya terjatuh di sebelah mana?”
Pemabuk : “Di sebelah sana (menunjuk ke pojok ujung gang yang gelap)”
Polisi :”Kalau terjatuh di sebelah sana, mengapa kau mencarinya di sini?”
Pemabuk : “Karena di sini lebih terang.”

Apakah anda mengerti makna cerita di atas? Mungkin anda menganggap pemabuk ni bodoh, tetapi apakah anda sadar bahwa seringkali tindakan kita seperti ini. Ketika kehidupan terasa susah dan menyeramkan, seringkali kita lebih memilih mencari solusi di tempat yang mudah atau setidaknya lebih familiar bagi kita, dan bukan di tempat yang gelap dan tidak menyenangkan dimana mungkin saja solusi terbaik anda berada. Padahal mungkin anda sadar bahwa apa yang anda lakukan sekarang sebenarnya tidak mungkin memberikan apa yang anda inginkan, tetapi anda lebih memilih untuk menyerah kepada ketakutan.

Ada banyak sekali quote tentang ketakutan, salah satunya dari James F. Bymes yang berkata “Too many people are thinking of security instead of opportunity. They seem to be more afraid of life than death.” Seperti yang dibilang oleh James, banyak orang yg lebih takut akan kehidupan daripada kematian. Buktinya, banyak sekali orang yang lebih memilih untuk tidak melakukan perubahan sama sekali padahal mereka tahu apa yang mereka lakukan sekarang akan membawa mereka menuju keterpurukan (seperti kematian) dan jauh dari harapan dan impian (kehidupan). Jane Addams juga berkata “Our doubts are traitor and make us lose the good we often might win, by fearing to attempt.” Kita seringkali kehilangan peluang karena ketakutan kita untuk mencoba.

Anda harus melakukan perubahan yang lebih baik untuk sukses. Dan perubahan itu menimbulkan ketakutan. Tidak ada jaminan bahwa anda akan sukses walupun anda telah berhasil mengatasi rasa takut anda dan berusaha untuk selalu lebih baik. Anda mungkin saja gagal dan tidak sukses. Tetapi sudah pasti dijamin bahwa anda akan gagal jika anda tidak berusaha untuk keluar dari ketakutan anda dan berubahl. Karena anda terus melakukan hal yang sama yang anda tau sendiri tindakan anda sekarang tidak akan mengantarkan anda menuju tujuan anda dan hanya orang gila yang mengharapkan hasil berbeda dari tindakan yang sama.

Tips : Ketakutan itu normal sekali bagi kita semua. Tapi janganlah anda terjebak dengan ketakutan anda. Marie Curie berkata “Nothing in life is to be feared. It is only to be understood.” Jadi atasi rasa takut anda dan hadapilah. Ingat tujuan anda menanti anda dibalik tembok ketakutan yang menghalangi. Ingat selalu quote yang diucapkan oleh Marylin Ferguson, “Ultimately we know deeply that the other side of every fear is a freedom.” . Jadi prinsip sukses kali ini adalah atasi rasa takut anda dan terus maju capailah impian anda.

prinsipsukses.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »