6 Trik mencuri hati konsumen

BioenergicenterNEWS.com Dalam menjalankan bisnis, semua pengusaha ingin bisnisnya berjalan dengan baik. Agar bisnis Anda makin lancar, selain fokus pada produk, perhatikanlah para pelanggan Anda. Pelanggan yang loyal tentu akan meningkatkan angka penjualan bisnis Anda. Lantas bagaimana caranya agar mereka loyal? Berikut enam cara mencuri hati pelanggan yang dilansir galtime. 

1. Bisnis yang terbuka
Pelanggan membentuk hubungan emosi dengan banyak orang. Jika Anda ingin dicintai pelanggan, maka Anda harus memperkenalkan diri serta bisnis Anda. Biarkan pelanggan mengetahui informasi lebih lengkap mengenai usaha Anda. Dengan demikian, perusahaan Anda makin dikenal dan bukan perusahaan abal-abal.

2. Memberi reward
Banyak perusahaan yang menawarkan bonus fantastis di awal untuk menarik pelanggan. Namun setelah bonus itu habis, pelanggan juga ikut lenyap.

Carilah pendekatan lain dengan cara memberi hadiah berupa potongan harga atau bonus pada pelanggan setia Anda. Walau tidak besar, pemberian hadiah semacam ini akan menyenangkan pelanggan dan membuat mereka kembali pada Anda.

3. Empati
Berempati dengan pelanggan menunjukkan Anda respek dan perhatian pada mereka. Sikap empati akan membuat hubungan bisnis dan kepercayaan pelanggan meningkat.

4. Mengucapkan terima kasih
Bayangkan jika Anda berbelanja di toko lalu setelah melakukan pembayaran si kasir langsung berpaling pada pelanggan lain tanpa mengucapkan terima kasih pada Anda? Mungkin Anda tersinggung, kesal dan malas berbelanja di toko itu lagi.

Hal ini mempengaruhi kelancaran bisnis Anda. Jika tak ingin pelanggan lari, maka Anda harus selalu mengucapkan terima kasih. Pelayanan yang baik dan ramah pada pelanggan membuat mereka senang dan setia pada kita. 

5. Dengar dan pelajari
Mendapat saran atau kritik dari pelanggan adalah hal biasa. Anda tidak boleh tersinggung dan harus mau mendengarkan keluhan mereka. Siapa tahu saran atau kritik tersebut membangun dan bisa memperbaiki usaha Anda. 

6. Cintai pelanggan Anda
Kadang kita terlalu fokus pada keuntungan dan melupakan kepuasan pelanggan. Perlakukan mereka seperti teman. Jika Anda sudah mencintai pelanggan, maka secara tidak langsung Anda akan memberi pelayanan yang baik pula. Dari sana makin banyak pelanggan yang puas dengan pelayanan Anda. Otomatis keuntungan yang Anda raup juga semakin banyak. 

Melihat senyum pelanggan membeli produk kita adalah kepuasan tersendiri. Oleh karena itu jagalah hubungan dengan pelanggan Anda.

merdeka.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »