Studi : Lembur Memicu Obesitas


Camilan disebut sebagai faktor penyebab bertambahnya berat badan. Terlebih saat Anda mengkonsumsinya pada malam hari. Ini karena tidak terjadi pembakaran kalori maksimal, dan camilan hanya berakhir menjadi lipatan lemak tubuh. 

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Current Biology mengungkapkan bahwa makanan apapun atau mengkonsumsi camilan di malam hari, dipastikan menyumbang beberapa kilo berat badan. Selain itu juga mempengaruhi jam biologis seseorang. 

"Jam biologis yang kurang baik mengarah pada gangguan metabolisme, sehingga memiliki kecenderungan untuk menambah berat badan," papar ahli kronobiologis, Carl Johnson seperti dikutip dalam Zeenews.

Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa mereka yang bekerja di malam hari ataupun lembur, cenderung berat badannya lebih cepat naik dan sangat mungkin mengembangkan obesitas.

Para ahli melakukan pengamatannya pada tikus selama 24 jam. Mereka melakukan perubahan pola makan tikus, pada siang hari tikus tidak diberikan makan seperti biasa. Kondisi ini menyebabkan tikus kurang responsif pada insulin. Hormon dalam tubuh tikus memberitahukan bahwa mereka akan mengambil gula dari dalam darah untuk digunakan sebagai energi.

Sementara mereka yang terganggu jam biologisnya, terdeteksi mengembangkan tanda-tanda resistensi insulin. Artinya, jaringan dalam tubuhnya tak merespon insulin untuk mengambil gula dari dalam darah. Hal inilah yang menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh.

vivanews.com

Share this

Sebuah perusahaan yang bergerak di Bidang Pelatihan dan Bisnis Consultasi yang berada di Kota Gudeg Yogyakarta. Sebagai Perusahaan yang dinamis Bioenergi Center selalu memberikan solusi yang spektakuler yang penuh dengan inovatif, kreatif dan unik. Bioenergi International yang telah berkembang di 11 negara seperti Singapore dan Malaysia telah di sambut dengan antusias oleh masyarakat di negara tersebut, karena telah terbukti memberikan berbagai manfaat untuk meningkatkan kualitas hidup dan membantu memberikan solusi dari berbagai masalah yang mereka hadapi.

Related Posts

Previous
Next Post »