Kulit Buah Delima Bikin Langsing


Buah delima bagi Agatha punya manfaat besar. Oleh karena buah delima, terutama kulitnya, Agatha terlihat bugar di usianya yang menginjak 63 tahun. Kesibukannya sebagai konsultan kesehatan di sebuah perusahaan swasta di Jakarta Utara dan usaha catering tidak membuat ibu 3 putri itu didera rasa lelah berlebihan. Kuncinya: tubuh langsing. Berat badan Agatha saat ini adalah 54–55 kg. Padahal rata-rata berat badan perempuan sebayanya sekitar 65–70 kg alias mengalami kegemukkan.

Sejatinya kegemukan terjadi karena ketidakseimbangan antara asupan energi yang relatif berlebih ataupun karena asupan lemak yang berlebihan. The World Health Organization (WHO) dan The U.S. National Institut of Health (NIH) mendefinisikan kegemukan jika nilai Indeks Massa Tubuh (IMT) seseorang berada pada kisaran 25–29,9 kg/m2 atau bobot tubuh lebih dari 20% dari berat badan ideal.

Nah peran kulit delima sebagai pelangsing sudah diteliti. Riset Feli Rahayu, Idajani Hadinoto, dan Angelica Kresnamurti dari Jurusan Farmasi Universitas Katholik Widia Mandala, Surabaya, yang tertuang dalam Jurnal Obat Bahan Alam pada 2007 memperlihatkan pemakaian pelarut etanol 96% pada ekstrak kulit delima masak dengan daging buah putih kekuningan mampu menurunkan nafsu makan tikus putih jantan galur wistar yang ditandai dengan penurunan jumlah konsumsi makanan, berat badan, dan kadar leptin selama 14 hari percobaan.

Riset itu memperlihatkan kelompok yang diberikan ekstrak kulit delima 3 g/kg berat badan (BB) dengan konsentrasi 30% menurunkan jumlah konsumsi pakan tikus dari semula 7,94 g menjadi 5,59 g. Pengulangan sebanyak 2 kali memperlihatkan penurunan konsumsi pakan di atas 50%. Singkat kata penelitian tersebut membuktikan tanin pada ekstrak kulit delima dengan pelarut etanol 96% berperan baik sebagai antiobesitas alias mencegah kegemukkan dengan mempengaruhi nafsu makan. Lantas bagaimana cara kerja tanin? Tanin ternyata bisa memperkecil pori-pori mukosa usus atau berperan sebagai astrigen sehingga mengurangi penyerapan makanan yang menyebabkan menurunnya jumlah kalori yang terserap. Sebab itu tubuh akan terpaksa mengambil sumber kalori dari cadangan lemak. Itulah alasan kulit buah delima bisa menurunkan berat badan.

www.bebeja-agribisnis.com

Share this

Sebuah perusahaan yang bergerak di Bidang Pelatihan dan Bisnis Consultasi yang berada di Kota Gudeg Yogyakarta. Sebagai Perusahaan yang dinamis Bioenergi Center selalu memberikan solusi yang spektakuler yang penuh dengan inovatif, kreatif dan unik. Bioenergi International yang telah berkembang di 11 negara seperti Singapore dan Malaysia telah di sambut dengan antusias oleh masyarakat di negara tersebut, karena telah terbukti memberikan berbagai manfaat untuk meningkatkan kualitas hidup dan membantu memberikan solusi dari berbagai masalah yang mereka hadapi.

Related Posts

Previous
Next Post »