Lima Saus Prancis Penambah Kelezatan Hidangan


Kuliner Prancis terkenal dengan hidangannya yang sederhana namun kaya rasa. Hidangan Prancis juga umumnya sangat menjunjung tinggi cara penyajian cantik yang berseni tinggi.
Selain itu setiap hidangan Prancis lumrahnya dihidangkan dengan berbagai saus yang lezat. Negeri Menara Eiffel ini memiliki lima saus dasar. Saus Prancis ini diciptakan pada abad ke 19 oleh Antonin Careme yang kemudian diperbaharui oleh Auguste Escoffier pada abad 20.
Kelima saus Prancis ini sangat cocok dipadukan dengan berbagai hidangan dan dapat diolah menjadi saus yang lebih lezat dengan tambahan bahan-bahan lain. Berikut lima saus dasar Prancis yang dapat Anda buat sendiri di rumah.

1. Bechamel
Saus klasik yang terbuat dari susu putih ini dinamakan dari seorang kepala pelayan Raja Louis XIV, Louis de Bechamel. Saus ini terdiri dari tiga bahan utama yakni, tepung, butter, dan susu yang dipadukan menjadi saus krim yang kental. Saus ini cocok dihidangkan bersama dengan telur, ikan, sayuran rebus, daging, atau berbagai jenis pasta.

2. Veloute
Saus ini mirip dengan saus Bechamel, hanya saja perbedaannya terdapat pada kaldu yang dipakai sebagai pengganti susu. Saus ini tidak membutuhkan bumbu tambahan lain, karena penggunaan kaldu telah membuat saus ini kaya rasa. Saus ini dapat digunakan untuk hidangan ikan, sayuran rebus, pasta, dan daging.

3. Espagnole
Saus ini merupakan saus yang dibuat dengan kaldu berwarna coklat. Untuk mendapatkan kaldu berwarna coklat, kaldu harus dimasak hingga berwarna coklat hasil karamelisasi. Anda dapat menggoreng daging hingga menjadi coklat karamel kemudian direbus untuk mendapatkan kaldunya. Saus ini sangat cocok untuk hidangan daging panggang atau steak.

4. Hollandaise
Saus ini merupakan campuran kuning telur dan lemak atau butter yang dimasak dengan api kecil hingga campuran ini mengental. Saus hollandaise dapat dituangkan di atas sayur-sayuran rebus, sosis goreng, atau telur mata sapi.

5. Tomato
Saus yang menggunakan tomat sebagai bahan utamanya tidak memerlukan teknik yang khusus dalam proses pembuatannya. Cukup menggunakan tomat mentah atau tomat rebus yang dihaluskan lalu tambahkan sedikit bumbu untuk memberikan rasa. Saus ini cocok untuk menjadi saus cocolan dim sum, ikan, atau roti.

vivanews.com

Share this

Sebuah perusahaan yang bergerak di Bidang Pelatihan dan Bisnis Consultasi yang berada di Kota Gudeg Yogyakarta. Sebagai Perusahaan yang dinamis Bioenergi Center selalu memberikan solusi yang spektakuler yang penuh dengan inovatif, kreatif dan unik. Bioenergi International yang telah berkembang di 11 negara seperti Singapore dan Malaysia telah di sambut dengan antusias oleh masyarakat di negara tersebut, karena telah terbukti memberikan berbagai manfaat untuk meningkatkan kualitas hidup dan membantu memberikan solusi dari berbagai masalah yang mereka hadapi.

Related Posts

Previous
Next Post »