Cara Mengatasi Sembelit pada Anak


Ini adalah ringkasan singkat mengenai langkah-langkah penanganan susah Buang Air Besar (BAB), dimana diambil dari pengalaman Penulis sendiri. 

1. Kurang makanan berserat. Konsumsi secara rutin beras pecah kulit, buah (pepaya, pear, semangka, jeruk, prune) dalam bentuk juice juga boleh terutama pagi hari setelah bangun tidur, sayuran, agar", yakult tiap hari 1 botol.

2. Hindari makanan penyebab sembelit. Seperti buah ( salak, apel), wortel yang telah dimasak, beras (putih & merah), gorengan.

3. Kurang minum air putih. Untuk anak usia satu tahun, sebaiknya kurang lebih minum air putih 700ml per hari.

4. Kurang bergerak atau beraktivitas.

5. Biasakan toilet training dengan benar.

6. Cara pergantian susu formula. Jika akan mengganti susu formula ke tahap berikutnya atau ganti ke merk lain, sebaiknya susu lama dengan yang baru dioplos dengan perbandingan yang tepat, agar sistem pencernaan bayi tidak terkejut.

7. Alergi susu sapi. Jika setelah konsultasi dengan dokter atau sudah ganti susu formula berbagai merk tapi tetap sembelit, untuk anak berusia kurang dari 1 tahun ganti dengan susu formula hypo allergenic (agak pahit rasanya), sedang untuk anak usia lebih dari 1 tahun ganti dengan susu formula soya.

Sumber: Nanang Arianto (Liang Jian Neng), ST

Share this

Sebuah perusahaan yang bergerak di Bidang Pelatihan dan Bisnis Consultasi yang berada di Kota Gudeg Yogyakarta. Sebagai Perusahaan yang dinamis Bioenergi Center selalu memberikan solusi yang spektakuler yang penuh dengan inovatif, kreatif dan unik. Bioenergi International yang telah berkembang di 11 negara seperti Singapore dan Malaysia telah di sambut dengan antusias oleh masyarakat di negara tersebut, karena telah terbukti memberikan berbagai manfaat untuk meningkatkan kualitas hidup dan membantu memberikan solusi dari berbagai masalah yang mereka hadapi.

Related Posts

Previous
Next Post »