Empat Keluhan Kesehatan pada Pria


Dibandingkan wanita, pria lebih sering mengabaikan keluhan kesehatan yang dialami. Biasanya mereka baru akan memeriksakan diri ke dokter saat kondisi sudah parah. Padahal, mengabaikan keluhan bisa meningkatkan risiko penyakit jadi lebih berbahaya.

Sebagai pasangan, Anda tentu tak ingin si dia mengalami masalah kesehatan serius. Jangan sepelekan jika pasangan mulai sering mengeluhkan empat hal ini. Ajak si dia untuk segera memeriksakan diri.

1. Hipertensi
Gangguan tekanan darah tinggi ini termasuk salah satu gejala yang mampu merusak organ vital, seperti ginjal, jantung, dan pembuluh darah. Hipertensi dapat terjadi karena melemahnya sistem peredaran darah arteri, sehingga jantung harus bekerja keras untuk melancarkan sirkulasi darah.

Sebagian besar pria tak menyadari bahwa dirinya menderita hipertensi. Faktor pemicunya, seperti dilansir dari Bold Sky, adalah gaya hidup tak sehat, seperti merokok, pola makan buruk, dan minum minuman beralkohol. Selain itu, faktor genetik, obesitas, dan stres turut menyumbang risiko terserang hipertensi. 

Pada dasarnya, gangguan ini tidak dapat disembuhkan, tapi dapat dikontrol. Cobalah untuk memonitor tekanan darah. Olahraga teratur, diet sehat, dan meditasi dapat membantu menstabilkan tekanan darah. 

2. Depresi
Tekanan pekerjaan dan masalah percintaan sering menjadi penyebab umum seseorang mengalami depresi. Tanpa mengenal usia dan kelas sosial, depresi amat berbahaya bagi kesehatan jiwa dan memicu keinginan bunuh diri. 

Karena, depresi menyebabkan gangguan emosional, maka ada baiknya jika pria mengetahui "sinyal" yang diberikan tubuh. Seperti pusing, nyeri dada, masalah pencernaan, sakit kepala, nyeri punggung, nyeri sendi, kelelahan, insomnia, serta perubahan nafsu makan. 

Meskipun ada obat antidepresi, tapi sebaiknya lakukan juga manajemen stres dan atur pola makan. Perbanyak konsumsi makanan laut seperti salmon dan tuna. Hindari minum minuman beralkohol.

3. Nyeri perut
Rasa sakit atau nyeri pada perut umumnya karena ada masalah pada lambung. Bisa berupa maag dan kadar asam yang sangat tinggi. Jika merasakan sakit di perut bagian bawah, segera periksakan diri ke dokter.

Gejala tersebut bisa menandakan adanya gangguan pada saluran kemih. Tak hanya itu, nyeri juga bisa disebabkan batu ginjal, usus buntu, sembelit, dan diare. Gangguan perut ini bisa mereda dengan mengonsumi makanan yang sangat baik untuk pencernaan seperti apel, pepaya, dan avokad. 

4. Sakit kepala
Masalah umum ini kerap dialami pria di atas usia 40 tahun. Saat sedang dalam kondisi ini, pria menjadi sangat lemah dan bahkan dapat menyebabkan pingsan.
Pemicunya bisa jadi banyak hal. Salah satunya karena otak kekurangan pasokan darah dan oksigen. Ketika sakit kepala yang parah terjadi, dianjurkan untuk duduk atau berbaring sejenak sambil menarik napas dalam-dalam dan lambat.

Share this

Sebuah perusahaan yang bergerak di Bidang Pelatihan dan Bisnis Consultasi yang berada di Kota Gudeg Yogyakarta. Sebagai Perusahaan yang dinamis Bioenergi Center selalu memberikan solusi yang spektakuler yang penuh dengan inovatif, kreatif dan unik. Bioenergi International yang telah berkembang di 11 negara seperti Singapore dan Malaysia telah di sambut dengan antusias oleh masyarakat di negara tersebut, karena telah terbukti memberikan berbagai manfaat untuk meningkatkan kualitas hidup dan membantu memberikan solusi dari berbagai masalah yang mereka hadapi.

Related Posts

Previous
Next Post »