12 Cara Mencegah Terjadinya Keracunan Makanan


Mungkin sebagian dari kita khawatir terhadap anak – anak yang sering makan sembarangan yang tidak jarang dapat menyebabkan keracunan makanan. Lalu apa yang harus kita lakukan agar hal ini tidak terjadi?

Keracunan makanan dapat mempengaruhi siapa saja yang makan makanan yang terkontaminasi. Makanan bisa terkontaminasi baik saat proses manufaktur atau pengolahan.

Dalam kebanyakan kasus, keracunan makanan disebabkan oleh kematangan, cara menyiapkan makanan yang tidak benar atau bahan-bahan makanan yang tidak disimpan secara memadai.

Karena dalam banyak kasus keracunan makanan terjadi karena penyimpanan yang tidak benar, maupun saat dimasak, sehingga dengan memahami bagaimana mempersiapkan, memasak dan menyimpan makanan dengan baik dapat membantu mengurangi resiko terkena keracunan makanan.

Berikut adalah beberapa cara terbaik untuk membantu Anda mencegah keracunan makanan:

  1. Selalu mencuci tangan Anda dengan air hangat dan sabun sebelum menyiapkan makanan.
  2. Selalu jaga agar dapur dan peralatan tetap bersih.
  3. Gunakan talenan dan peralatan terpisah untuk makanan mentah dan yang sudah di masak. Pisau yang digunakan untuk memotong makanan mentah mungkin memiliki bakteri di atasnya, yang dapat ditransfer ke makanan lain.
  4. Cuci buah dan sayuran dengan air sebelum diproses dan untuk persiapan lebih lanjut.
  5. Hangatkan makanan sepenuhnya sebelum dimasak.
  6. Jauhkan hewan peliharaan dari makanan.
  7. Pastikan makanan dimasak sampai matang sebelum dimakan. Daging seharusnya tidak memiliki bintik merah muda.
  8. Hindari kontak antara makanan mentah dan dimasak. Simpan daging mentah, unggas dan ikan di bagian bawah lemari es dan makanan yang sudah dimasak di atas lemari es.
  9. Simpan semua makanan yang mudah basi pada 5 ° C atau kurang.
  10. Simpan makanan kaleng di tempat kering yang bersih dan sejuk.
  11. Buang makanan yang berbau tidak enak dan / atau memiliki jamur di atasnya.
  12. Selalu periksa tanggal expire yang ditandai pada makanan kemasan sebelum diproses.

Inilah ke 12 tips untuk terhindar dari keracunan makanan yang biasa terjadi.

Share this

Sebuah perusahaan yang bergerak di Bidang Pelatihan dan Bisnis Consultasi yang berada di Kota Gudeg Yogyakarta. Sebagai Perusahaan yang dinamis Bioenergi Center selalu memberikan solusi yang spektakuler yang penuh dengan inovatif, kreatif dan unik. Bioenergi International yang telah berkembang di 11 negara seperti Singapore dan Malaysia telah di sambut dengan antusias oleh masyarakat di negara tersebut, karena telah terbukti memberikan berbagai manfaat untuk meningkatkan kualitas hidup dan membantu memberikan solusi dari berbagai masalah yang mereka hadapi.

Related Posts

Previous
Next Post »