Batik dan Kearifan Lokal

Di era yang serba modern dan tren busana kontemporer ini, ternyata batik masih mendapat tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia dan bahkan dunia. Tua, muda, anak-anak, tak lagi merasa malu mengenakan busana batik. Mereka mengenakannya di berbagai kesempatan: di kantor, sekolah, mal, tempat wisata, dll. Batik merupakan salahsatu warisan budaya yang menjadi ciri khas dan merupakan produk asli Indonesia. Bahkan Unesco talah menetapkan batik sebagai warisan budaya dunia asli dari indonesia.
Dengan Diakuinya batik Indonesia di mata dunia, maka hendaknya ini menjadi perhatian tersendiri baik oleh pemerintah maupun masyarakat Indonesia pada umumnya. Batik yang notabene produk Genuine Indonesia ini seharusnya mampu mengangkat kearifan lokal sehingga masyarakat Indonesia khususnya kaum muda semakin faham dengan peninggalan budaya ini.
Adanya  hari batik nasional diharapkan mampu menjadikan identitas dan jatidiri bangsa Indonesia lebih dipahami oleh masing-masing individu agar melekatkan diri dengan batik.Batik merupakan symbol kultural dan bahkan dalam skala nasional akan memupuk rasa nasionalisme dalam diri setiap warga Negara.
Kini batik telah berkembang di berbagai belahan dunia, baik di Asia, Eropa, Afrikas, dan Amerika. Hal ini menunjukkan bahwa batik sangat potensial memikat hati banyak orang di seluruh dunia. Ini sebuah peluang untuk kemudian menjadi nilai tawar budaya Indonesia di mata dunia.
Batik sebagian besar diproduksi oleh industri kecil, sehingga dengan makin sering masyarakat memakai batik sama artinya kita ikut menghidupkan usaha kecil menengah. Sehingga secara tidak langsung kita ikut mendorong pertumbuhan UKM di negeri ini. Selanjutnya, diharapkan Pemerintah juga selalu mendorong batik agar juga selalu dipentaskan dalam berbagai acara peragaan mode baik di dalam maupun di luar negeri.
Oleh karena itu harapannya, Dengan hari Batik Nasional ini semoga masyarakat Indonesia semakin sadar akan pentingnya melestarikan budaya bangsa dan harus berbangga diri atas hal itu. Ayo pakai batik, ayo lestarikan Budaya Indonesia.
Batik, Dari Indonesia untuk Dunia.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »