Menjaga Kondisi Badan Di Saat Mudik Lebaran

Lebaran sebentar lagi tiba, berkumpul bersama keluarga besar merupakan hal yang terindah saat merayakan hari kemenangan. Tak heran jika banyak orang yang jauh meninggalkan kampung halaman rela pulang ke tanah asalnya demi berkumpul bersama keluarga tercinta.
Itulah mudik, tradisi masyarakat Indonesia ini sudah menjadi kebiasaan rutin tiap tahunnya. Banyak hal perlu dipersiapkan dalam perjalanan mudik Lebaran yang tentunya harus diperhatikan sebelum keberangkatan, agar nantinya tidak mengganggu saat perjalanan berlangsung. Perjalanan yang jauh memang cukup meletihkan, maka dari itu perlu pengaturan kesehatan yang menjadi hal yang terpenting dalam kenyamanan mudik.
Cara yang paling efektif untuk menjaga kebugaran tubuh saat mudik adalah dengan berolahraga secara rutin dan menjaga pola makan yang sehat sebelum keberangkatan. Seperti yang diungkapkan oleh dokter Celewecya Roszza, hal tersebut perlu jadi perhatian karena apabila melakukan mudik Lebaran dengan keadaan tubuh yang kurang sehat tentunya akan sangat mengganggu, dan membuat seseorang mudah masuk angin, kembung, dan mual. Hindari makan makanan yang banyak mengandung karbohidrat tinggi, karena dapat menyebabkan rasa kantuk saat perjalanan.
“Usahakan mengonsumsi makan yang cukup dan tak berlebihan. Begitu pula dengan asupan cairan (minum) jangan sampai berlebihan karena akan repot saat di tengah perjalanan ketika ‘kebelet pipis’,” kata dokter Chilli, panggilan dokter Celewecya.
Banyak anggapan masyarakat yang mengira dengan memimun kopi sebelum berangkat mudik dapat menghilangkan rasa kantuk, dan dengan meminum teh dapat menyegarkan tubuh. Hal itu ada benarnya, karena di dalam kopi terdapat zat kafein yang dapat menstimulasi tubuh sehingga rasa kantuk jadi sedikit terblokade. Akan tetapi sebaiknya sebelum melakukan perjalanan dengan meminum air putih yang banyak agar kesehatan tetap terjaga, karena air putih berkhasiat mengatasi dehidrasi.
Dokter Chilli memberikan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perjalanan panjang mudik Lebaran selain istirahat cukup, yaitu:
  • Minum air putih.
    Untuk menghindari dehidrasi saat perjalanan, baiknya bawa dan minumlah air putih selama perjalanan (apabila mudik di malam hari) agar tubuh tidak kekurangan cairan.
  • Streching atau melakukan olah tubuh ringan selama perjalanan.
    Stretching
    dapat membantu melancarkan kembali peredaran darah dan menghindarkan diri dari rasa loyo dan lemas. Terlebih untuk Anda yang mengemudi. Gerakkan seluruh tubuh perlahan dan santai serta lemaskan.
  • Bekal makanan akan menyenangkan.
    Bawalah makanan ringan dan buah-buahan yang cukup karena dapat membantu menjaga asupan tenaga dan vitamin selama perjalanan.
  • Pakaian hangat saat perjalanan malam hari. Selain itu, penting pula untuk membawa penutup kepala. Semakin malam, suhu dan hawa udara semakin dingin, terlebih saat hujan.
  • Relaksasi kaki
  • Usahakan beristirahat setiap 2-3 jam mengemudi untuk menghindari kelelahan yang berat. Serta, selalu sedia obat-obatan.

    Selain tips-tips di atas, perlu juga mempersiapkan mental sebelum pejalanan jauh. Dan jangan lupa selalu berdoa agar selama perjalanan dilindungi oleh Allah SWT dan dapat selamat sampai tujuan. Jika kita enjoy selama perjalanan tentunya akan membuat badan dan pikiran bebas stres. Efeknya, badan kita pasti bugar hingga di kampung halaman menyambut hari yang fitri nanti.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »