Ini Dia Penyakit yang Banyak Mengintai Orang Saat Mudik

Jakarta, Mudik sudah menjadi ritual wajib orang Indonesia di kala Hari Raya tiba. Jarak dan waktu panjang yang harus ditempuh untuk menuju kampung halaman tak menjadi penghalang. Tak jarang, beberapa penyakit pun mengintai para pemudik Indonesia.

Menempuh jarak yang jauh, menghabiskan waktu berjam-jam atau bahkan lebih dari 24 jam di perjalanan, bisa membuat kekebalan tubuh Anda menurun karena kurang tidur.

Ditambah lagi, saat mudik Anda sering menggunakan fasilitas umum dan kontak dengan banyak orang, yang artinya Anda terpapar banyak kuman. Akibatnya, tubuh pun lebih mudah terserang penyakit infeksi.

"Mudik yang berkepanjangan akan menurunkan daya tahan tubuh karena kurang tidur. Kurang tidur lebih mudah menurunkan daya tahan tubuh ketimbang makanan," jelas dr. T. Bahdar Johan, SpPD, ahli penyakit dalam RS Premiere Bintaro, dalam acara 'Lifebouy Berita Sehat Ramadhan: Bersih dari Kuman untuk Siap Meraih Kemenangan Fitri' di Hotel Le Meridien, Jakarta, Senin (6/8/2012).

Menurut dr Bahdar, ada beberapa penyakit yang mengancam orang saat mudik, yaitu:

1. Infeksi saluran pernapasan

Hal ini biasanya terjadi karena saat mudik Anda akan kontak dengan banyak orang, berdesak-desakkan, dengan kondisi kekebalan tubuh yang sedang menurun.

2. Diare

"Kuman diare bisa berpindah dari pegangan bus, WC umum atau kran di kamar mandi umum," jelas dr Bahdar.

3. Infeksi saluran kemih

Gangguan ini biasanya lebih banyak terjadi pada wanita, karena wanita memiliki uretra yang lebar, lurus dan pendek.

"Ini terjadi karena sering menahan pipis, serta fasilitas air yang kurang baik, sehingga mengundang infeksi saluran kemih," tutup dr Bahdar.(sumber:healt.detik.com)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »