Bayi Lahir Normal Punya IQ Lebih Tinggi


Jakarta- Bayi yang lahir secara normal memiliki IQ lebih tinggi daripada bayi yang dilahirkan dengan operasi caesar.
Para ilmuwandari Yale University di Amerika Serikat menjelaskan, karena wanita yang melahirkan secara alami mengalami peningkatan protein lebih tinggi dalam otak bayinya yang sangat berdampak pada tingkat kecerdasan si bayi kelak.
Peningkatan tingkat protein, yang disebut pada bayi yang dilahirkan secara alami akan membantu perkembangan memori jangka pendek dan panjang mereka - komponen kunci dari IQ manusia - saat mereka tumbuh dewasa.
Hasilnya, tikus yang lahir dengan operasi Caesar memiliki tingkat UCP2,lebih rendah dan mengalami 'gangguan perilaku dewasa'.
Tak hanya itu, operasi Caesar dianggap juga dapat meningkatkan risiko perdarahan internal dan menyebabkan masalah hubungannya dengan kesuburan di masa depan.

Penulis studi Dr Tamas Horvath, dalam temuan yang dipublikasikan dalam jurnal PLoS ONE berkata, "Hasil ini menunjukkan peran potensial kritis UCP2 dalam pengembangan yang tepat dari sirkuit otak dan perilaku terkait.”

"Peningkatan prevalensi caesar didorong oleh kenyamanan daripada kebutuhan medis mungkin memiliki efek yang berlangsung tak terduga sebelumnya pada perkembangan otak dan fungsi pada manusia juga,' ujarnya lagi.

Dia menambahkan: "Kami menemukan bahwa kelahiran alami dipicu ekspresi UCP2 dalam neuron yang terletak di wilayah hippocampus dari otak.”

'Ini berkurang pada otak tikus yang lahir melalui bedah Caesar. Melumpuhkan gen UCP2 atau kimia menghambat fungsi UCP2, mengganggu diferensiasi neuron hipokampus dan sirkuit, dan perilaku orang dewasa yang berhubungan dengan gangguan fungsi hippocampus," bebernya.(sumber:inilah.com)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »