Astaga, Piton Ini Punya 87 Telur


Piton Burma yang ditemukan di wilayah Everglades, Florida, baru-baru ini memecahkan rekor. Bagaimana tidak, dengan ukuran panjang 5,3 meter atau terbesar dalam bangsanya, hewan melata itu menyimpan 87 telur.
Meski demikian, fakta ini bukan hal yang membanggakan bagi ilmuwan Amerika Serikat. Ilmuwan Amerika Serikat justru khawatir piton ini akan mengancam manusia dan spesies lainnya karena jumlah telur yang banyak mencerminkan kemampuan reproduksi piton.
Seperti namanya, piton Burma bukan berasal dari Amerika Serikat, melainkan dari Asia Tenggara. Jenis itu diintroduksi ke Amerika Serikat oleh pedagang hewan dan rupanya AS juga menjadi habitat yang baik bagi piton.
"Mereka mulai ada di sini 25 tahun lalu, tapi dalam jumlah kecil dan sulit menemukan satu ekornya karena perilakunya yang suka bersembunyi," kata Kenneth Krysko dari Florida Museum of Natural History di University of Florida.
"Sekarang, Anda bisa pergi ke Everglades kapan pun dan akan menemukan piton Burma. Kami bisa menemukan 14 ekor piton dalam satu hari saja," lanjutnya seperti dikutip Live Science, Selasa (14/8/2012).

Menurut para peneliti, piton adalah predator kuat. Di wilayah Florida, hewan ini memakan beragam satwa. Piton bahkan bisa memakan burung sekaligus telurnya. Perilakunya yang rakus membuat ilmuwan khawatir keberadaan piton mengancam hidup spesies-spesies lain.
Spesimen piton dengan 87 telur ini kini tengah dipelajari. Saat ini, ada ribuan hingga ratusan ribu piton di Florida. Dengan mempelajari piton betina dengan jumlah telur luar biasa itu, ilmuwan bisa memperkirakan seberapa besar ancaman yang akan ditimbulkan spesies tersebut.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »