Risiko Serangan Jantung Menurun di Bulan Puasa

Jakarta, Berpuasa selama bulan Ramadan tidak hanya bisa mendatangkan pahala bagi umat Muslim tetapi juga banyak manfaat kesehatan. Studi menunjukkan bahwa berpuasa dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

Studi yang dilakukan pada partisipan Uni Emirat Arab selama Ramadan tahun lalu menunjukkan berpuasa menyebabkan peningkatan dalam profil lipid, sehingga sangat mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.

Studi yang dilakukan pada 37 partisipan mengambil sampel darah pada tiga kesempatan berbeda selama bulan Ramadan tahun lalu. Hasilnya, terdapat penurunan rata-rata 15 persen pada tingkat trigliserida (TG) dan 10,9 persen penurunan pada kolesterol low-density lipoprotein (LDL). Keduanya merupakan faktor risiko untuk serangan jantung.

"Ini adalah pertama kalinya studi yang menunjukkan hubungan antara puasa dengan profil lipid," jelas Dr Omar Hallak Kamel, Kepala Departemen Kardiologi Intervensi di American Hospital Dubai, seperti dilansir Gulfnews, Kamis (25/7/2012).

Profil lipid adalah ukuran kolektif kolesterol total seseorang, yaitu kolesterol high-density lipoprotein (HDL, atau kolesterol baik), LDL (kolesterol jahat) and TG (triglycerides, bentuk lemak yang ditemukan dalam darah.

Secara umum, HDL yang lebih tinggi dapat memangkas risiko serangan jantung, sementara LDL dan TG yang tinggi justru membuat orang rentan terhadap serangan jantung.

Dari hasil keseluruhan, kadar TG turun sebesar 15,5 persen menjadi rata-rata 161,89 mg/dl dari sebelumnya 191,6 mg/dl diambil dua minggu sebelum awal puasa. Sementara itu, tingkat HDl rata-rata atau kolesterol baik melonjak sebesar 11 persen dari 37.1 mg/dl ke 41.19 mg/dl.

"Penelitian secara konsisten menunjukkan kenaikan rata-rata kolesterol baik (HDL) , sedangkan LDL dan trigliserida menurun. Hal ini akan mengurangi risiko menderita penyakit jantung," jelas Dr Hallak.

Studi ini juga mengukur parameter lain seperti indeks massa tubuh (BMI atau body mass index), tekanan darah dan glukosa

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »