Ini yang Bikin Bayi Berisiko Kena Flu

imgJakarta, Tubuh bayi memang masih dalam masa pertumbuhan sehingga rentan terserang berbagai penyakit. Bahkan sebuah studi menemukan bahwa bayi terlahir dengan risiko terkena flu sejak tahun pertama kehidupannya.

"Infeksi pernafasan akibat virus sudah biasa terjadi pada masa kanak-kanak," ujar peneliti Dr. Kaharu Sumino, asisten profesor kedokteran di Washington University School of Medicine, St. Louis seperti dilansir dari Health24, Senin (28/5/2012).

Biasanya infeksi yang dialami bersifat ringan namun ada berbagai jenis respons, mulai dari gejala flu biasa hingga infeksi paru-paru parah yang bahkan dalam beberapa kasus langka menyebabkan kematian.

"Kami ingin melihat apakah respon imun bawaan yang didapatkan sejak lahir bisa memberi risiko infeksi pernapasan selama tahun pertama bayi," kata Sumino dalam studi yang dipublikasikan di Journal of Allergy and Clinical Immunology tersebut

Sumino dan koleganya menganalisis sampel darah tali pusar yang diambil dari 82 bayi dan bayi-bayi tersebut dilacak pertumbuhannya hingga satu tahun.

Peneliti mencatat bahwa seluruh bayi hidup di daerah miskin. Hasilnya, 80 persen bayi setidaknya pernah terserang flu pada tahun pertamanya dan rata-rata flu bagi setiap bayi adalah 4 kali.

Meski begitu, ada beberapa bayi yang tidak terserang flu dan ada pula bayi yang mengalami flu hingga 9-10 kali walaupun jumlahnya sangat kecil.

Dari situ peneliti menekankan bahwa bayi yang memiliki respons imun terhadap virus yang lebih lemah pada saat lahir akan mengalami infeksi pernapasan lebih banyak daripada bayi yang respons imunnya lebih kuat.

"Di masa depan, jika kami bisa mengembangkan cara yang relatif mudah untuk mengetahui apakah seseorang memiliki kekurangan dalam sistem ini, kami ingin bisa memberikan obat yang dapat meningkatkan kemampuan respon imun bawaan," pungkasnya.

img

Share this

Sebuah perusahaan yang bergerak di Bidang Pelatihan dan Bisnis Consultasi yang berada di Kota Gudeg Yogyakarta. Sebagai Perusahaan yang dinamis Bioenergi Center selalu memberikan solusi yang spektakuler yang penuh dengan inovatif, kreatif dan unik. Bioenergi International yang telah berkembang di 11 negara seperti Singapore dan Malaysia telah di sambut dengan antusias oleh masyarakat di negara tersebut, karena telah terbukti memberikan berbagai manfaat untuk meningkatkan kualitas hidup dan membantu memberikan solusi dari berbagai masalah yang mereka hadapi.

Related Posts

Previous
Next Post »