Sering Celaka, Pansus Sumber Kencono Dibentuk

"Sebenarnya sering diperingatkan agar dievaluasi, tapi hasilnya tetap terus terjadi."

BioenergicenterNEWS.com - Terus berulangnya kecelakaan yang dialami Bus Sumber Kencono membuat resah sejumlah kalangan. Komisi D DPRD Jawa Timur mendesak Dinas Perhubungan Jatim melakukan evaluasi terhadap manajemen Sumber Kencono.

"Sebenarnya sering diperingatkan agar dilakukan evaluasi, tapi hasilnya tetap terus terjadi kecelakaan yang merenggut korban jiwa," kata Anggota Komisi D Agus Maimun Senin, 2 Januari 2012.

Kecelakaan terbaru terjadi di Madiun pada Minggu 1 Januari 2012. Bus bernomor polisi W-7727-UY yang dikemudikan Agus Widodo (41), itu terlibat kecelakaan lalu lintas dengan sepeda motor di Jalan Raya Madiun-Surabaya tepatnya Desa Jeruk Gulung, Balarejo, Madiun, Jawa Timur. Akibatnya, enam orang tewas dan belasan lainnya luka-luka.

Selain minta Labfor Polda Jatim untuk mengusut tuntas, Agus juga minta Komite Nasional Keselamatan Tranportasi (KNKT) turun menangani kecelakaan maut itu serta melakukan investigasi. Selebihnya, pihaknya juga mengusulkan untuk mencabut izin trayek.

"Usulan akan disampaikan ke pemerintah pusat untuk memberi peringatan agar manajemen lebih baik dan melakukan pembenahan menyeluruh," lanjutnya.

Komisi D DPRD juga berencana memanggil Dishub Jatim serta manajemen bus. "Kami ingin tahu bagaimana kinerja manajemen dalam mencetak sopir dan faktor apa saja yang menyebabkan pengemudi kerap melaju kencang," tuturnya.

Karena geram dengan kerapnya kecelakaan Bus Sumber Kencono ini, Agus juga akan mendorong pembentukan Pansus Sumber Kencono. Menurutnya, wacana itu sudah ada sejak tragedi kecelakaan Sumber Kencono dengan minibus di Jalan Raya By Pass KM 51, Desa Kenanten, Kecamatan Puri, Mojokerto, 12 Desember lalu yang menewaskan 20 orang.

Saat itu, salah satu armada Sumber Kencono yang bernomor polisi W 7181 UY bertabrakan dengan Minibus Elf AG 7103 ML di Jalan By Pass Mojokerto, Senin dini hari, sekitar pukul 03.00 Waktu Indonesia Barat.

Gubernur Jatim, Soekarwo bahkan tak kalah geram dengan kecelakaan Sumber Kencono. Dia bahkan sempat mengancam akan mencabut izin usaha perusahaan bus ini.

Laporan : Tudji Martudji | Surabaya, eh
 • VIVAnews 

Anda ingin Sehat, Lancar rezeki, Meningkatkan Karier, Dimudahkan dalam segala usaha, Lancar Jodoh, Meningkatkan percaya diri & Lebih Dekat dengan Tuhan? Klik DISINI



Share this

Sebuah perusahaan yang bergerak di Bidang Pelatihan dan Bisnis Consultasi yang berada di Kota Gudeg Yogyakarta. Sebagai Perusahaan yang dinamis Bioenergi Center selalu memberikan solusi yang spektakuler yang penuh dengan inovatif, kreatif dan unik. Bioenergi International yang telah berkembang di 11 negara seperti Singapore dan Malaysia telah di sambut dengan antusias oleh masyarakat di negara tersebut, karena telah terbukti memberikan berbagai manfaat untuk meningkatkan kualitas hidup dan membantu memberikan solusi dari berbagai masalah yang mereka hadapi.

Related Posts

Previous
Next Post »