MotoGP 2012 Masuki Era Baru

BioenergicenterNEWS.com- Kejuaraan balap motor paling bergengsi di dunia MotoGP 2012 beberapa bulan lagi akan segera dimulai. Untuk tahun ini, MotoGP akan memasuki era baru.

Era baru yang dimaksud ialah pemakaian mesin berkapasitas 1000cc. Seiring dengan perubahan tersebut, beberapa aturan yang telah diterapkan di arena MotoGP juga mendapat perubahan.

Bebagai perubahan rencananya akan diaplikasikan pada tahun 2012. Berikut ini adalah garis besar perubahan yang mencolok dalam kelas MotoGP untuk tahun depan.

Tidak ada pembatasan jumlah tes. Setiap tim yang berpartisipasi dalam MotoGP 2012 bebas melakukan tes kapanpun yang mereka kehendaki, namun di balik bebasnya jumlah tes privat yang 'unlimited' tersebut masih ada batasan pemakaian ban yang dipergunakan untuk melakukan uji coba, yakni setiap tim diberi jatah 240 buah ban yang telah disediakan oleh penyuplai ban untuk MotoGP yakni Bridgestone.

Tetapi jumlah batasan ban yang dialokasikan bisa saja mendapatkan perubahan mengingat masih terdapat pihak yang mengusulkan agar pemakaian ban ditambah menjadi 280 buah. Hal ini dikarenakan komisi Grand Prix masih akan melanjutkan diskusi mereka mengenai regulasi baru yang akan diterapkan tahun 2012 pada bulan Desember nanti. Maka dari itu, meski beberapa regulasi sudah ditetapkan, bisa saja beberapa aspek masih akan mendapatkan perubahan.

Nantinya rider yang melakukan uji coba tidak hanya dikhususkan untuk test-rider, namun pembalap yang mengisi grid MotoGP bisa langsung melakukan tes. Hal ini dimaksudkan agar rider MotoGP yang terjun langsung untuk menguji coba, mengingat perbedaan antara kemampuan test-rider dan pembalap MotoGP.

Bobot motor juga menjadi sorotan. Pada tahun 2012, bobot minimal ditetapkan menjadi 150 kilogram untuk mesin berkapasitas 800cc dan 153 kg untuk mesin 801cc hingga 1000cc.

Semua mesin yang berasal dari berbagai kategori kelas MotoGP wajib dilengkapi brake-protector untuk mencegah tuas rem tanpa sengaja menjadi aktif akibat mengalami kontak dengan motor pembalap lain dan menghindari kecelakaan domino seperti pada saat balapan lap pertama di tikungan pertama Sirkuit Catalunya tahun 2006 silam akibat tuas rem Sete Gibernau bersinggungan dengan pembalap lain antara lain Loris Capirossi, Randy de Puniet, Dani Pedrosa hingga merembet ke Marco Melandri hingga balapan harus restart.

Pengamanan semacam ini telah dipergunakan oleh Toni Elias dan Scott Redding. Selain itu cakram rem karbon yang diijinkan harus berdiameter selain 320mm, sedangkan Claiming Rule Team (CRT) diberi kebebasan.

Para pebalap tim CRT yang sudah dikonfirmasi dan telah diumumkan adalah Colin Edwards (NGM Forward Racing), Randy de Puniet (Aspar), Aleix Espargaro (Aspar), James Ellison (PBM), Anthony West (Speed Master), dan Michele Pirro (Gresini). Tiga lainnya dan tim reserve adalah Ioda Racing, BQR, Team Grillini, dan Team Laglisse.

Semua tim itu merupakan tambahan dari 12 tim pabrik, yang berarti MotoGP musim depan akan diikuti 21 pembalap. Adapun pada musim 2011 lalu, "hanya" diikuti 17 pebalap (semuanya dari tim pabrik beserta satelit).
 
 
Anda ingin Sehat, Lancar rezeki, Meningkatkan Karier, Dimudahkan dalam segala usaha, Lancar Jodoh, Meningkatkan percaya diri & Lebih Dekat dengan Tuhan? Klik DISINI



Share this

Sebuah perusahaan yang bergerak di Bidang Pelatihan dan Bisnis Consultasi yang berada di Kota Gudeg Yogyakarta. Sebagai Perusahaan yang dinamis Bioenergi Center selalu memberikan solusi yang spektakuler yang penuh dengan inovatif, kreatif dan unik. Bioenergi International yang telah berkembang di 11 negara seperti Singapore dan Malaysia telah di sambut dengan antusias oleh masyarakat di negara tersebut, karena telah terbukti memberikan berbagai manfaat untuk meningkatkan kualitas hidup dan membantu memberikan solusi dari berbagai masalah yang mereka hadapi.

Related Posts

Previous
Next Post »