Jelang Imlek, Permintaan Buah Naga Berlimpah

 BioenergicenterNEWS.com, Yogyakarta - Menjelang perayaan Imlek 2012, permintaan buah naga dari Kulon Progo meningkat dua kali lipat. Petani buah naga kewalahan memenuhi permintaan supermarket di Yogyakarta dan Jakarta.
Meningkatnya permintaan buah itu sesungguhnya dimulai sejak awal Januari lalu. Dua kali seminggu petani harus mengirim pesanan dua sampai tiga ton. »Belakangan kami kewalahan karena pesanan mencapai empat ton sekali kirim,” kata Edi Purwanto, penanggung jawab kebun buah naga Agro Wisata Kusumo Wanadri, di Glagah, Kulonprogo, Rabu 18 Januari 2012.
Menurut Edi, supermarket lebih banyak memesan buah naga berkulit merah dengan daging buah merah, meski di tempatnya juga tersedia buah naga berkulit merah dengan daging buah putih.
Untuk memenuhi permintaan, Edi mengerahkan keluarga karyawan. »Tenaga yang dikerahkan mencapai 30 orang, mulai dari memetik buah di kebun, menyortir, hingga pengepakan,” kata dia.
Kebun buah naga yang terletak di daerah Glagah, Kulunprogo, itu menempati lahan seluas 3,5 hektare, dengan 7.000 pohon berumur tujuh sampai sembilan tahun.
Meski permintaan melonjak, Edi tidak menaikkan harga jual. »Kami tetap mempertahankan harga dengan kisaran Rp 28 ribu hingga Rp 30 ribu per kilogram untuk kualitas standar supermarket. Sejak dulu kami menjual dengan harga tinggi karena ditanam dengan sistem organik murni,” kata dia.
Edi menambahkan prospek komoditas buah naga tetap bagus, meski diakuinya banyak petani buah naga di Kulon Progo gulung tikar. Agro wisata Kusumo Wanadri kini memiliki kebun baru seluas 50 hektare di Desa Ngenthak, Kecamatan Ngambal, Purworejo, Jawa Tengah. »Kunci kesuksesan budi daya buah naga pada teknik pemasarannya. Banyak petani gukung tikar karena tidak bisa menembus supermarket,” ujar Edi.
Selain sulit menembus pasar supermarket, banyak petani buah naga kalah bersaing dengan produk buah naga asal Jawa Timur. »Petani buah naga asal Jawa Timur berani banting harga hingga Rp 10 ribu per kilogram,” ucapnya.
Selain melayani permintaan supermarket, kebun buah naga Kusumo Wanadri juga melayani pembelian langsung di kebun.
HERU CN

Anda ingin Sehat, Lancar rezeki, Meningkatkan Karier, Dimudahkan dalam segala usaha, Lancar Jodoh, Meningkatkan percaya diri & Lebih Dekat dengan Tuhan? Klik DISINI

 

Share this

Sebuah perusahaan yang bergerak di Bidang Pelatihan dan Bisnis Consultasi yang berada di Kota Gudeg Yogyakarta. Sebagai Perusahaan yang dinamis Bioenergi Center selalu memberikan solusi yang spektakuler yang penuh dengan inovatif, kreatif dan unik. Bioenergi International yang telah berkembang di 11 negara seperti Singapore dan Malaysia telah di sambut dengan antusias oleh masyarakat di negara tersebut, karena telah terbukti memberikan berbagai manfaat untuk meningkatkan kualitas hidup dan membantu memberikan solusi dari berbagai masalah yang mereka hadapi.

Related Posts

Previous
Next Post »