Warren Buffet Beli Koran Berusia 126 Tahun Senilai Rp 1,8 Triliun

BioenergicenterNEWS.com, Chicago - Investor kaya AS, Warren Buffet membeli koran lokal AS yang sudah berusia 126 tahun senilai US$ 200 juta atau sekitar Rp 1,8 triliun. Buffet membeli koran dari tanah kelahirannya untuk berekspansi di media cetak meski masa depan industri ini masih dipertanyakan.

Buffet melalui Berkshire Hathaway membeli koran lokal Omaha World-Herald dan anak usahanya, termauk 6 harian dan beberapa mingguan di Nebraska dan Iwoa. Demikian World-Herald dalam keterangan disitusnya, seperti dikutip dari AFP, Kamis (1/12/2011).

"World-Herald memberikan laba yang solid dan salah satu dari koran terbaik di Amerika. Kami juga senang melaporkan bahwa independensi editorial di koran Nebraska dan Iowa yang diharapkan dari World-Herald akan terus berlanjut," ujar Buffet dalam pernyataannya.

World-Herald merupakan koran terakhir di AS yang sahamnya dimiliki oleh karyawan. Namun komposisi kepemilikan oleh karyawan tersebut membuatnya sulit menaikkan modal dan membeli saham dari karyawan.

"Penawaran Warren Buffet untuk membeli perusahaan kami menunjukkan kesempatan yang unit untuk memenuhi kebutuhan modal jangka panjang kami dan melanjutkan kepemilikan lokal dari Omaha World-Herald," jelas CEO World-Herald Terry Kroeger.

Transaksi itu diharapkan bisa tuntas akhir Desember, menunggu persetujuan dari pemegang saham World-Herald.

Media cetak di AS selama ini terus berjuang untuk hidup di tengah merosotnya belanja iklan, turunnya sirkulasi dan migrasi para pembaca ke berita online yang tidak berbayar.

Warren Buffet pada pertengahan November lalu juga membuat kejutan setelah mengumumkan pembelian saham International Business Machines Corp (IBM) senilai US$ 11 miliar atau sekitar Rp 93,5 triliun. Pembelian saham IBM dilakukan Buffet dalam 8 bulan terakhir itu setara dengan 5,5%. Dengan pembelian itu, Buffet berpotensi menjadi pemegang saham terbesar dari IBM. 

Sumber


Ingin SOLUSI Berbagai MASALAH?  KLIK DISINI

Share this

Sebuah perusahaan yang bergerak di Bidang Pelatihan dan Bisnis Consultasi yang berada di Kota Gudeg Yogyakarta. Sebagai Perusahaan yang dinamis Bioenergi Center selalu memberikan solusi yang spektakuler yang penuh dengan inovatif, kreatif dan unik. Bioenergi International yang telah berkembang di 11 negara seperti Singapore dan Malaysia telah di sambut dengan antusias oleh masyarakat di negara tersebut, karena telah terbukti memberikan berbagai manfaat untuk meningkatkan kualitas hidup dan membantu memberikan solusi dari berbagai masalah yang mereka hadapi.

Related Posts

Previous
Next Post »