Indonesia Gagal Juara Umum Para Games

BioenergicenterNEWS.com, Surakarta - Kontingen Indonesia gagal menjadi juara umum ajang pesta olahraga para penyandang cacat, ASEAN Para Games 2011, yang digelar di Solo, Jawa Tengah. Hingga akhir penyelenggaraan kemarin, Indonesia terpaku di urutan kedua klasemen umum, di bawah Thailand.

Indonesia mengumpulkan 113 medali emas, 108 medali perak, dan 89 medali perunggu. Sedangkan Thailand menjadi juara umum dengan 123 emas, 98 perak, dan 73 perunggu. Peringkat ketiga direbut Malaysia dengan 50 emas, 34 perak, dan 42 perunggu.

Di awal penyelenggaraan, Indonesia menargetkan bisa meraih 140 medali emas untuk menjadi juara umum. Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (Inaspoc), James Tangkudung, mengakui ada beberapa target medali yang meleset. “Tapi kita tetap bangga dengan perolehan emas Indonesia,” katanya di Surakarta, kemarin.

Meski hanya bisa menempati peringkat kedua, tapi pencapaian Indonesia sudah lebih meningkat dibandingkan penyelenggaraan sebelumnya. Pada ASEAN Para Games 2007 di Nakon Rachasima, Thailand, tim Merah-Putih hanya mampu meraih 29 medali emas dan berada di peringkat keempat setelah Thailand, Vietnam, dan Malaysia. Pada 2009, di Kuala Lumpur, Malaysia, Indonesia kembali hanya menempati peringkat sama dengan 30 emas.

James mengakui, keunggulan para atlet Negeri Gajah Putih yang kembali menjadi juara umum. Menurutnya, negara itu menjadi juara karena serius melakukan pembinaan atletnya.

Ketua National Paralympic Committee Indonesia, Senny Marbun, mengatakan meski kalah dari Thailand, para atlet Indonesia sudah berjuang keras. “Disyukuri apa yang sudah kita dapat,” jelasnya.

Dia mengatakan salah satu faktor yang membuat gelar juara umum lepas dari genggaman adalah di segi peralatan. Dia menilai kualitas peralatan pendukung atlet Indonesia masih kalah dari negara lain. "Kalau secara teknik kita tidak kalah dengan atlet Thailand yang menjadi juara umum," katanya.

Menurut dia, Indonesia kehilangan sekitar 15 medali emas yang semula jadi target di cabang olahraga yang menggunakan kursi roda. Thailand, yang menggunakan kursi roda lebih canggih, mampu mendominasi.

UKKY PRIMARTANTYO
 
 
 
 
Anda ingin Sehat, Lancar rezeki, Meningkatkan Karier, Dimudahkan dalam segala usaha, Lancar Jodoh, Meningkatkan percaya diri & Lebih Dekat dengan Tuhan? Klik DISINI

Share this

Sebuah perusahaan yang bergerak di Bidang Pelatihan dan Bisnis Consultasi yang berada di Kota Gudeg Yogyakarta. Sebagai Perusahaan yang dinamis Bioenergi Center selalu memberikan solusi yang spektakuler yang penuh dengan inovatif, kreatif dan unik. Bioenergi International yang telah berkembang di 11 negara seperti Singapore dan Malaysia telah di sambut dengan antusias oleh masyarakat di negara tersebut, karena telah terbukti memberikan berbagai manfaat untuk meningkatkan kualitas hidup dan membantu memberikan solusi dari berbagai masalah yang mereka hadapi.

Related Posts

Previous
Next Post »