Inilah Hewan Pembunuh Sejuta Manusia

Lupakan buaya, harimau, singa, atau ular kobra sebagai hewan yang paling menakutkan karena hewan yang paling banyak membunuh manusia di alam liar adalah nyamuk.
Meskipun alat untuk "menggigitnya" jauh lebih kecil daripada si raja hutan, nyamuk menyebabkan lebih dari 1 juta orang meninggal setiap tahunnya. Demikian menurut data WHO pada tahun 2008. Sebagian besar kematian disebabkan oleh malaria. Data WHO menyebutkan sekitar 300 juta hingga 500 juta kasus malaria muncul setiap tahun.

Memang, bukan nyamuknya yang membunuh secara langsung, melainkan parasit yang dibawa nyamuk. Parasit itu berada dalam tubuh nyamuk setelah nyamuk menggigit orang yang sudah terinfeksi. Parasit itu kemudian dipindahkan ke orang lain ketika nyamuk menggigitnya.
Saat ini di beberapa negara maju, malaria tidak lagi jadi momok. Di Amerika Serikat, misalnya, penyakit ini sudah dianggap punah pada tahun 1950. Akan tetapi di beberapa negara dengan suhu udara sedang dan tanpa penanganan malaria yang serius, penyakit yang disebabkan nyamuk Anopheles itu masih beredar. Laporan penyakit malaria yang muncul di Amerika Serikat, menurut laporan CDC, berasal dari wisatawan yang baru berkunjung ke negara yang masih memiliki malaria.
Kematian akibat malaria saat ini sebagian besar terjadi di Afrika, sebelah selatan Sahara.
Hewan-hewan paling mematikan tidak mesti tampak menyeramkan. Ketika orang masuk ke dalam laut, mungkin hewan mematikan yang pertama kali terlintas di pikirannya adalah hiu. Padahal, ada ubur-ubur yang memiliki 60 tentakel yang mencapai 4,5 meter. Setiap tentakel mengandung racun yang cukup untuk membinasakan 60 orang.
Di rawa-rawa, ada buaya. Menyeramkan? Iya. Tapi jangan lupakan katak beracun. Sebuah katak beracun, dalam sekali serang, racunnya bisa membunuh 10 orang.
Hewan pemakan tumbuhan yang tampak lucu dan menggemaskan, seperti kuda nil merupakan salah satu hewan paling berbahaya di Afrika--menurut Taman Nasional Kruger.
Hewan-hewan itu, plus harimau, buaya, kobra, dan lain-lain, membunuh ribuan orang setiap tahunnya. Tapi, sekali lagi, bandingkan dengan nyamuk yang membunuh sejuta orang setiap tahun.


Dari Berbagai Sumber

Share this

Sebuah perusahaan yang bergerak di Bidang Pelatihan dan Bisnis Consultasi yang berada di Kota Gudeg Yogyakarta. Sebagai Perusahaan yang dinamis Bioenergi Center selalu memberikan solusi yang spektakuler yang penuh dengan inovatif, kreatif dan unik. Bioenergi International yang telah berkembang di 11 negara seperti Singapore dan Malaysia telah di sambut dengan antusias oleh masyarakat di negara tersebut, karena telah terbukti memberikan berbagai manfaat untuk meningkatkan kualitas hidup dan membantu memberikan solusi dari berbagai masalah yang mereka hadapi.

Related Posts

Previous
Next Post »