Tips Kurangi Keringat Berlebih

Keringat umumnya keluar pada saat-saat tertentu saja seperti habis olahraga atau berjalan jauh. Tapi beberapa orang memilliki jumlah keringat yang berlebih, karenanya ketahui hal-hal apa saja yang sebaiknya dihindari.
Keringat yang keluar memang sehat, tapi jika terlalu banyak akan muncul masalah seperti pakaian cepat basah, tidak nyaman, memalukan dan kadang disertai bau badan. Dalam istilah medis kondisi keringat berlebih ini dikenal dengan istilah hiperhidrosis.

 Meski demikian ada beberapa hal yang bisa dilakukan orang dengan hiperhidrosis untuk menghindari keluarnya keringat berlebih, seperti dikutip dari Askmen, Jumat (11/2/2011) yaitu :


1. Hindari mandi dengan air panas. 
Mandi bermanfaat untuk menghilangkan racun melalui peningkatan suhu tubuh, karenanya jika seseorang yang memiliki keringat berlebih sebaiknya menghindari mandi dengan air panas atau hangat. Mandi dengan air panas akan membuat suhu tubuh semakin meningkat yang memicu keluarnya keringat berlebih.

2. Hindari makanan pedas. 
Makanan pedas seperti masakan Meksiko atau India yang memiliki aroma dan bumbu kuat bisa memicu timbulnya keringat berlebih. Hal yang lebih buruk lagi adalah makanan pedas ini membuat keringat lebih sering keluar dalam periode waktu yang lebih singkat. Selain itu minuman panas juga memiliki efek yang sama seperti makanan pedas.

3. Hindari olahraga sebelum bepergian. 
Suhu tubuh akan meningkat saat seseorang aktif seperti berolahraga yang membuat semakin berkeringat. Olahraga memang bisa membuat tubuh sehat, tapi sebaiknya hindari berolahraga sebelum bepergian atau melakukan hal-hal penting lainnya.

4. Menyiapkan air setiap bepergian. 
Minum air bisa menghindari keringat berlebih karena cairan ini bisa mengatur suhu tubuh dan membuat sel-sel keringat bisa berada di bawah kendali. Selain itu air juga bisa menenangkan tubuh dalam situasi stres, kadar stres yang rendah bisa mengurangi keluarnya keringat.

5. Hindari melintasi rute perjalanan yang bikin stress. 
Stres dan kecemasan memiliki efek langsung terhadpa produksi keringat tubuh, karenanya penting untuk menjaga agar kadar keringat tetap rendah yang salah satunya dengan memilih rute perjalanan dengan kadar stres rendah. Melakukan perjalanan dengan santai bisa menjaga pikiran tetap positif sehingga keringat terkendali. 



Benarkah Pekerjaan adalah Ibadah? Klik Disini Jika Anda Penasaran

detikhealth

Share this

Sebuah perusahaan yang bergerak di Bidang Pelatihan dan Bisnis Consultasi yang berada di Kota Gudeg Yogyakarta. Sebagai Perusahaan yang dinamis Bioenergi Center selalu memberikan solusi yang spektakuler yang penuh dengan inovatif, kreatif dan unik. Bioenergi International yang telah berkembang di 11 negara seperti Singapore dan Malaysia telah di sambut dengan antusias oleh masyarakat di negara tersebut, karena telah terbukti memberikan berbagai manfaat untuk meningkatkan kualitas hidup dan membantu memberikan solusi dari berbagai masalah yang mereka hadapi.

Related Posts

Previous
Next Post »