Browse » Home » » Manfaat Lemak Bagi Tubuh

Manfaat Lemak Bagi Tubuh



Lemak sebenarnya sangat bermanfaat bagi tubuh, asalkan dikonsumsi secara tepat. Di antaranya:
1.  Kandungan kalorinya cukup tinggi. 
Itu sebab, lemak sangat penting dikonsumsi oleh anak. Selain itu, lemak juga bisa melezatkan makanan.
2.  Kandungan asam lemak sangat penting, yang disebut asam lemak esensial.
Asam lemak esensial merupakan prekursor pembentukan hormon tertentu, seperti prostaglandin. Selain itu, sebagai penyusun membran yang sangat penting untuk berbagai tugas metabolisme.
3.  Lemak juga dapat melarutkan berbagai vitamin A, D, E dan K. 
Oleh karena itu, mengonsumsi bahan makanan yang mengandung lemak akan menjamin penyediaan vitamin-vitamin tersebut untuk keperluan tubuh.
4.  Lemak juga berperan penting pada tubuh manusia.
Lemak cadangan yang ada dalam tubuh berfungsi melindungi berbagai organ penting, seperti ginjal, hati, dan sebagainya. Tidak saja sebagai isolator, tapi juga kerusakan fisik yang mungkin terjadi pada waktu kecelakaan.

Serba-Serbi Lemak
Lemak merupakan komponen bahan makanan yang penting. Istilah minyak atau lemak sebenarnya tergantung apakah bahan tersebut pada suhu kamar ada dalam keadaan cair atau padat. Bila pada suhu kamar dalam keadaan cair maka bahan itu disebut minyak (oil) . Sebaliknya, bila dalam keadaan padat disebut lemak (fat) .
Lemak secara kimiawi tersusun dari sekelompok senyawa yang berbeda. Dalam bahan makanan, lemak dapat terdiri dari dua bentuk, yaitu yang tampak (visible)  dan yang tidak tampak (invisible) . Lemak yang tampak, misalnya mentega, margarin, atau minyak goreng. Lemak yang tidak tampak, misalnya terdapat pada daging, kacang tanah, susu, telur, dan sebagainya.

www.tabloidnova.com