Agar Sehat dan Bugar di Kantor

Tengah hari, cukup luangkan waktu beberapa menit dan lakukan gerakan ringan. Tubuh Anda pun akan tetap bugar selama bekerja di kantor.
Anda wanita karir? Jika ya, rutinitas harian dan setumpuk pekerjaan di kantor akan membuat tubuh Anda lelah. Selain itu, menghabiskan waktu di belakang meja dan menggunakan komputer dalam waktu lama bisa menimbulkan rasa kaku di beberapa bagian tubuh, terutama daerah sekitar leher. Tidak hanya itu, sikap tubuh yang kurang baik juga bisa membuat otot tidak seimbang, sehingga menimbulkan rasa pegal.


Menurut Dr Sadoso Sumosardjuno, SpKO, sebaiknya peregangan otot ketika bekerja di kantor dilakukan secara periodik. Waktu yang dianjurkan adalah setiap 1,5 jam dan hanya perlu meluangkan 5 sampai 10 menit. Berikut contoh gerakan-gerakan yang bisa memberikan suntikan energi baru di sela-sela kesibukan kantor agar tubuh Anda tetap segar dan bugar.


Peregangan
  1. Pertemukan kedua telapak tangan kanan dan kiri. Posisi siku ditekuk. Angkat tangan hingga sejajar bahu. Tekan telapak tangan secara bergantian, ke kiri kemudian ke kanan dan sebaliknya.
  2. Duduk tegak di kursi. Letakkan tangan kiri di samping pinggul kiri. Putar badan ke kiri, tahan 2—3 detik. Ulangi pada sisi sebaliknya. Lakukan 4—6 kali.
Melenturkan otot kaki
  1. Berdiri tegak. Tarik atau kencangkan perut Anda. Angkat kaki kanan hingga sejajar pinggul. Jika terlalu sulit, angkat kaki beberapa sentimeter dari lantai atau semampu Anda. Tahan 2 - 3 detik. Lakukan gerakan yang sama 4 - 6 kali secara bergantian dengan kaki kiri.
  2. Masih dalam posisi berdiri tegak, angkat kaki kanan beberapa sentimeter ke arah samping. Posisi kaki lurus. Gunakan sandaran kursi sebagai pegangan jika keseimbangan tubuh Anda kurang baik. Tahan 2 - 3 detik. Ulangi gerakan ini pada kaki kiri. Lakukan 4 - 6 kali secara bergantian.

Melenturkan otot kaki, pinggul, dan paha
  1. Duduk tegak di kursi. Tahan perut ke dalam. Luruskan kaki kanan hingga sejajar pinggul. Tahan 2 - 3 detik. Lakukan gerakan serupa pada kaki kiri. Kemudian ulangi 4 - 6 kali secara bergantian.
  2. Masih dalam posisi duduk tegak, angkat kaki kanan beberapa sentimeter dari lantai. Posisi lutut tertekuk. Tahan 2 - 3 detik. Lakukan gerakan yang sama pada kaki kiri. Ulangi 4 - 6 kali secara bergantian. 

www.nirmalamagazine.com
 


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »