Browse » Home » » 12 SOLUSI SEPUTAR PEMAKAIAN BEDAK

12 SOLUSI SEPUTAR PEMAKAIAN BEDAK


Tampil cantik dengan bedak yang pas di wajah, tentunya dapat menambah poin bagi penampilan kita. Problem muncul biasanya karena pemakaian bedak yang kurang tepat atau pembersihannya yang tidak maksimal. Bagaimana seharusnya? Berikut ini tanya jawab seputar bedak dengan ahlinya. 





MEMILIH BEDAK  
 

1.  Tanya (T): Teman saya berusia 35 tahun. Setiap hari ia memakai bedak bayi. Apakah akan mempengaruhi kesehatan kulit wajahnya?
Jawab (J) : Bedak untuk badan komposisinya berbeda dengan bedak untuk wajah. Bedak badan untuk bayi biasanya mengandung mentol. Jika ditaburkan pada badan bayi, ia akan merasa hangat. Tetapi bila bedak tersebut digunakan pada wajah teman Anda, maka kulit wajah akan bersisik. Kalau digunakan dalam jangka panjang, kulit akan semakin kering dan bersisik.

2. T: Apakah memilih bedak harus sesuai dengan jenis kulit, seperti halnya memilih alas bedak?
J: Pemilihan bedak, harus sesuai dengan jenis kulit. Untuk pemilik kulit berminyak, lebih cocok memakai bedak tabur karena tidak akan menyumbat pori-pori. Apalagi jika kulit Anda berminyak dan cenderung berkomedo. Tetapi, bila kulit Anda lebih kering, sebaiknya gunakan bedak padat. Bedak padat mengandung lebih banyak minyak, sehingga bisa menempel di kulit wajah. Untuk kulit yang berjerawat, sebaiknya tidak memakai bedak padat karena akan menyumbat pori-pori dan membentuk komedo. Sebelum membeli bedak, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu jenis kulit Anda.

3.   T:Bagaimana memilih warna bedak agar sesuai dengan warna kulit?
J: Warna bedak yang paling cocok adalah satu tingkat lebih terang dari kulit. Jika kulit Anda gelap kemudian memakai bedak yang satu tingkat lebih gelap, hasilnya kulit akan tampak lebih gelap. Salah satu fungsi bedak adalah mencerahkan kulit, bukan menggelapkan. Jika kulit Anda berwarna gelap, sebaiknya menggunakan bedak yang agak terang, misalnya yang berwarna kekuningan.

4. T: Seseorang yang sedang dalam perawatan kulit, apakah boleh memakai bedak?
J:  Sebaiknya dilihat kasusnya terlebih dahulu. Bila dalam perawatan itu tidak ditemukan masalah, boleh saja memakai bedak. Karena bedak itu pun berfungsi sebagai proteksi (pelindung), maka bedak boleh dipakai meskipun sedang dalam perawatan kulit. Namun jika kulit sedang berjerawat, dan cukup parah, pilihlah bedak tabur.  

5.   T:  Bagaimana memakai bedak dengan benar?
J: Jika menggunakan spons, oleskan bedak agak banyak, lalu tekan-tekan  agak keras. Setelah itu ambil lagi bedak agak banyak, dan tekan-tekan lagi. Hasilnya akan cukup baik.

MEMBERSIHKAN BEDAK

6.  T: Bagaimana cara membersihkan bedak di wajah?
J: Jika menggunakan bedak tabur, pakailah sabun wajah (facial wash) dan soap cleanser untuk membersihkannya. Tetapi bila yang digunakan bedak two way cake (bedak yang mengandung alas bedak) yang tebal, tidak cukup hanya dengan sabun wajah, terlebih dulu harus menggunakan susu pembersih atau cleansing milk.  
Gantilah/perbarui bedak bersamaan waktunya dengan tabir surya (biasanya 5 jam setelah pemakaian). Cucilah wajah. Setelah wajah dikeringkan dengan handuk, gunakan kembali tabir surya dan bedak. Bedak merupakan pelindung kulit paling luar. Debu dan sisa minyak kulit yang menempel akan menyatu di bedak. Gantilah bedak yang sudah bercampur dengan kotoran atau minyak kulit  karena sudah tidak efektif lagi.

7. T: Teman saya sering membersihkan bekas bedak dengan sabun wajah tanpa didahului dengan susu pembersih. Menurutnya, setelah berkali-kali melakukan pembersihan semacam itu, di wajahnya timbul bercak-bercak putih. Wajahnya pun tampak belang. Mengapa bisa demikian?
J:  Kemungkinan bercak-bercak putih itu muncul bukan karena bedak atau pembersihnya, tetapi karena efek buruk sinar ultra violet (UV). Kalau pemakaian tabir surya tidak baik/merata, biasanya dampak buruknya adalah kulit menjadi belang (warnanya tidak rata). Hal ini disebabkan, pigmen-pigmen di tempat-tempat tertentu aktif, dan di tempat lainnya tidak terlalu aktif. Hasilnya warna kulit menjadi tidak rata.  

8. T: Benarkah mencuci wajah setelah berpanas-panasan akan menyebabkan timbulnya panu?
J: Sebenarnya pemikiran yang demikian itu tidak benar. Justru jangan menunda mencuci muka, karena polusi di jalanan sangat banyak. Segerakan, karena jika tidak langsung dibersihkan, sisa bedak yang menempel akan berbaur dengan kotoran dan debu, akhirnya akan menyumbat pori-pori.  

EFEK PEMAKAIAN BEDAK

9.  T: Saudara saya gemar berganti-ganti jenis bedak. Apakah kebiasaan itu baik?
J: Bila kulitnya tidak bermasalah, tidak terjadi apa-apa; boleh dilanjutkan. Misalnya, bulan ini ia pakai bedak tabur A, bulan depan ganti dengan bedak tabur B; silakan saja. Tetapi kalau penggantinya bedak padat, harus dilihat dulu apakah sesuai dengan jenis kulitnya.

10. T: Bolehkah memakai spons bergantian dengan orang lain?
 J: Tidak dianjurkan. Walaupun orang lain itu saudara, kakak, atau adik; perbuatan ini tidak boleh dibiasakan. Setiap orang memiliki jenis kulit tertentu. Apalagi bila orang itu kulit wajahnya sedang mengalami infeksi atau sedang tumbuh jerawat yang bernanah, janganlah memakai spons yang sama, karena Anda bisa tertular. Demikian pula jika ada jamur di kulitnya. Kakak-adik, sebaiknya menggunakan spons yang berbeda, bahkan bedak pun jangan dipakai bersama-sama.   

11.T: Karena kesibukan sehari-hari, spons bedak sering lupa  dibersihkan. Bagaimana cara membersihkan spons, dan kapan spons sebaiknya diganti?
J: Spons harus disimpan kembali ke kotak bedak dalam keadaan kering. Jika menyimpannya dalam keadaan basah, spons akan berjamur. Jamur akan membawa efek buruk pada kulit wajah.
Biasakan mencuci spons menggunakan sabun wajah, jangan menggunakan deterjen atau sabun mandi. Cucilah sebentar saja, kemudian rendam dalam air sampai sisa-sisa bedaknya hilang. Peras spons dan keringkan dengan cara dijemur. Ganti spons yang sudah tipis, sobek-sobek, terlebih lagi kalau sudah kumal. Dikhawatirkan kotoran yang menempel di spons akan merusak kulit.

12.T: Apakah wajah harus dibersihkan setiap hari? Saya sering lupa  mengangkat sisa bedak jika kelelahan usai bekerja di kantor.  
J : Bersihkan wajah setiap pulang kerja untuk membuang sisa bedak dan minyak yang menempel. Walaupun Anda tidak mempunyai kecenderungan berjerawat, namun jika malas membersihkan wajah, bisa tumbuh komedo. Yang paling baik, bersihkan wajah tiga kali sehari.  Pada waktu tidur, wajah harus dalam keadaan bersih.



www.nirmalamagazine.com