MENARA PISA STABIL HINGGA 300 TAHUN MENDATANG

Menara miring Pisa di Roma, Italia, dinyatakan aman untuk dikunjungi para turis.Menara yang menjadi salah satu keajaiban dunia itu telah dinyatakan stabil selama 300 tahun mendatang.

Stabilnya menara Pisa merupakan kali pertama dalam 800 tahun menara ini berhenti bergerak. ”Prediksi kita telah terwujud dan menara ini bisa beristirahat setidaknya hingga 300 tahun lagi,” ujar teknisi dan geologis Italia Profesor Michele Jamiolkowski kemarin. Menara tersebut saat ini berada di posisi kemiringan semula, setelah beberapa ilmuwan berhasil membenarkan posisinya.

Menara ini diprediksi memiliki kelebihan kemiringan hingga 40 cm. Proyek koreksi menara ini berlangsung sejak 1991 hingga 2001. Proyek pengawasan kemiringan itu memakan biaya USD40 juta (senilai Rp372,5 miliar).Tim itu telah bekerja kurang lebih selama 12 tahun untuk menghentikan kemiringan menara. Para ilmuwan meneliti derajat kelebihan tingkat kemiringan yang terjadi di Menara Pisa.

Untuk memperbaiki letak kemiringan tersebut, para ilmuwan sempat menarik kembali bangunan tersebut secara perlahan.Mereka juga menyuntikkan cairan semen ke dalam tanah untuk memperkuat dasar menara sehingga kemiringannya berada di posisi yang sama sejak menara tersebut dibangun.

Pada 1990, menara miring itu sempat ditutup untuk konsumsi publik karena kemiringannya makin bertambah dari tahun ke tahun. Menara Pisa merupakan menara lonceng katedral. Sebenarnya, menara ini dibuat agar berdiri secara vertikal seperti menara lonceng pada umumnya.

Namun, mulai miring tak lama setelah pembangunannya dimulai pada Agustus 1173. Ketinggian menara ini adalah 55,86 meter dari permukaan tanah terendah dan 56,70 m dari permukaan tanah tertinggi.Kelebaran dinding di bawahnya mencapai 4,09 meter dan di puncak 2,48 meter.Bobotnya diperkirakan mencapai 14.500 ton. Menara Pisa memiliki 294 anak tangga.

Dari Berbagai Sumber

Share this

Sebuah perusahaan yang bergerak di Bidang Pelatihan dan Bisnis Consultasi yang berada di Kota Gudeg Yogyakarta. Sebagai Perusahaan yang dinamis Bioenergi Center selalu memberikan solusi yang spektakuler yang penuh dengan inovatif, kreatif dan unik. Bioenergi International yang telah berkembang di 11 negara seperti Singapore dan Malaysia telah di sambut dengan antusias oleh masyarakat di negara tersebut, karena telah terbukti memberikan berbagai manfaat untuk meningkatkan kualitas hidup dan membantu memberikan solusi dari berbagai masalah yang mereka hadapi.

Related Posts

Previous
Next Post »